Olahraga

Sejarah Hari Ini: 10 Juli, Portugal Juara Euro, AS Juara Piala Dunia Wanita

Sabtu, 10 Juli 2021 - 14:33 | 174.32k
Kapten Portugal Cristiano Ronaldo mengangkat tropi Piala Eropa 2016. Portugal menjadi juara usai menang 1-0 atas tuan rumah Pranci dalam final yang digelar 10 Juli 2016. (foto: UEFA)
Kapten Portugal Cristiano Ronaldo mengangkat tropi Piala Eropa 2016. Portugal menjadi juara usai menang 1-0 atas tuan rumah Pranci dalam final yang digelar 10 Juli 2016. (foto: UEFA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jelang laga final Euro 2020 dan final Copa Amerika 2021, sejarah hari ini memilih peristiwa penting dari panggung sepakbola yang terjadi pada 10 Juli. Sejarah hari ini mencatat, 10 Juli 2016 menjadi hari kejayaan sepakbola Portugal dengan keberhasillanya meraih juara Piala Eropa pertamanya. Di final, Portugal berhasil mengalahkan tuan rumah Prancis. 10 Juli 1999 juga menjadi sejarah bagi tim sepakbola putri Amerika Serikat yang berhasil meraih juara Piala Dunia Wanita yang kedua.

2016: Portugas Juara Piala Eropa

Portugal Juara Euro 2016 aPemain Portugal merayakan keberhasilan mereka meraih Piala Eropa 2016 usai mengalahkan Prancis di babak final yang digelar 10 Juli 2016. (foto: UEFA)

Portugal mencatat sejarah dengan meraih juara Eropa pertamanya usai menang 1-0 atas Prancis.

Di partai final yang digelar Stade de France, Paris, Eder yang masuk menggantikan Renato Sanches pada menit ke-79 sukses menjadi pembeda. Pemain Lille itu akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-109. Melepaskan diri dari penjagaan Laurent Koscielny, Eder dengan percaya diri melepaskan tembakan keras ke pojok kanan gawang Hugo Lloris.

1-0 bertahan hingga akhir babak tambahan, dan Portugal yang dipimpin sang kapten Cristiano Ronaldo mengangkat tropi Trofi Henry Delaunay simbol pemenang Piala Eropa.

Dalam pertandingan itu, Prancis sebenarnya diuntungkan dengan cederanya  Cristiano Ronaldo. Sang kapten Portugal itu tak dapat melanjutkan pertandingan karena cedera di menit ke-20 babak pertama.

Namun, Les Bleus, julukan Perancis, yang mendominasi pertandingan tetap kesulitan mencetak gol. Kegagalan Prancis yang dilatih Didier Deschamps mencetak gol tak lepas dari kecemerlangan kiper Portugal, Rui Patricio yang beberapa kali membuat penyelamatan gemilang.

1999: Amerika Serikat Juara Piala Dunia Wanita

Amerika Serikat Juara Piala Dunia WanitaPemain Amerika Serikat Brandi Chastain melakukan selebrasi melepas jersey usai mencetak gol penentuan yang mengantar Amerika Serikat juara Piala Dunia Wanita 1999. Di partai final, AS menang 5-3 atas China melalui adu penalti. (fofo: FIFA)

Panggung Piala Dunia Wanita 1999 yang digelar di Amerika Serikat menjadi bukti keperkasaan timnas Amerika Serikat (AS) di sektor ini.

Digelar di Rose Bowl, California, final PD Wanita 1999 ini mempertemukan AS dan China, dua kutub kekuatan utama di dunia sepakbola wanita. AS juara Piala Dunia Wanita edisi perdana dan menjadi peraih emas Olimpiade 1996, sementara China meraih perak di Olimpiade 1996. China juga telah mengalahkan AS di final Piala Algarve 1999,

Dalam laga final yang digelar pada 10 Juli 1999, pertandingan harus melalui perpanjangan waktu setelah hasil 0-0 di babak normal.

Namun laga perpanjangan waktu juga tak menghasilkan gol dan menjadikan pertandingan memasuki babak adu penalti.

Bintang AS, Mia Hamm berhasil mencetak gol di sini, namun Brandi Chastain yang menentukan kemenangan dengan sepakan penalti terakhirnya. Brandi Chastain pun melakukan selebrasi ikoniknya yang terkenal itu, yakni melepas jersey putih yang dikenakannya.

Amerika Serikat menang adu penalti dengan skor 5-4. Ini merupakan gelar Piala Dunia Wanita bagi skuat wanita Amerika Serikat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES