Ekonomi PPKM Darurat

Tips Strategi UMKM Bertahan di Masa PPKM Darurat Ala Pipik Juliana

Jumat, 09 Juli 2021 - 19:41 | 60.52k
Pipik Juliana saat sedang menjalankan usahanya. (FOTO: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Pipik Juliana saat sedang menjalankan usahanya. (FOTO: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
FOKUS

PPKM Darurat

TIMESINDONESIA, SURABAYAPipik Juliana adalah seorang desainer yang juga pegiat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Mengengah)  berupa baju muslim perempuan. Di masa PPKM Darurat, usahanya pun juga terdampak, lalu bagaimana akhirnya ia bisa bertahan ?

Pipik mengatakan bahwa, selama pandemi apalagi di masa PPKM Darurat, UMKM banyak yang terdampak. Bahkan usahanya pun turun omset hingga 40 persen. Ia juga harus bertahan menghidupi penjahit yang bekerja dengannya.

Strategi yang ia lakukan agar bisa bertahan di kondisi seperti ini adalah pertama sering melakukan promosi-promosi melalui instragam live. Sehingga hal tersebut bisa menarik orang untuk membeli produknya.

Pipik-Juliana-saat-sedang-menjalankan-usahanya-2.jpg

"Saya biasanya live seminggu 2 kali di Instagram sama shopee," ujar pemilik brand baju muslim perempuan bernama PJ Chloting itu, Jumat (7/7/2021).

Kedua, Pipik juga sering membuat program give away atau bagi-bagi hadiah kepada pelanggannya. Hal tersebut agar orang yang sudah melihat platform tempat Pipik berjualan antusias dengan produk Pipik.

"Saya juga mainkan diskon. Saya mainkan sale, orang lebih seneng hot sale daripada harga retail asli," ujarnya.

Ketiga, Pipik juga kerap kali berkolaborasi dengan selebgram atau influenncer untuk bisa mempromosikan produknya. Mengingat selebgram atau influencer memiliki banyak followers, sehingga bisa membantu untuk mengenalkan produk kepada masyarakat. "Banyak-banyakin promo sih," tuturnya.

Pipik-Juliana-saat-sedang-menjalankan-usahanya-3.jpg

Sementara, PJ Clothing sendiri adalah brand baju muslim perempuan dengan konsep OOTD (Outfit Out The Day) atau baju yang biasa dipakai sehari-hari. Dengan target pasar ibu-ibu dan perempuan muda.

"Trend busana hijab sekarang lebih ke summer dan orang-orang juga memilih yang santai, yang casual. Artinya sehari hari. Orang-orang lebih memilih yang gampang dipakai dan modelnya update, nggak ribet. Kalau warna lebih ke pastel," ujarnya.

Desain yang dibuat oleh Pipik sendiri itu dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta. Pipik menjual produknya itu melalui platform Instagram dengan nama p.j_clothing.id dan p.j_clothing_ serta e-comerce Shopee dengan nama toko PJ by Pipik Juliana.

Dalam waktu dekat meski dalam situasi PPKM DaruratPipik Juliana pun akan meluncurkan produk barunya. Dengan desain yang masih belum bisa ia bocorkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES