Pendidikan

Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang Raih Predikat Mumtaz ke Tiga Se-Indonesia

Jumat, 09 Juli 2021 - 15:32 | 216.55k
Gedung Ma'had Aly Hasyim Asy'ari di Kawasan Ponpes Tebuireng Jombang (Foto: Nur Hannan for TIMES Indonesia)
Gedung Ma'had Aly Hasyim Asy'ari di Kawasan Ponpes Tebuireng Jombang (Foto: Nur Hannan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANGMa'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang berhasil meraih predikat mumtaz (Akreditasi A) ke tiga sebagai kampus Ma'had Aly berbasis Pondok Pesantren (Ponpes) se-Indonesia.

Peringkat itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI nomor 598 tahun 2020.  Ma'had Aly sendiri merupakan perguruan tinggi keagamaan Islam berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok pesantren.

Mahad Aly Hasyim Asyari Tebuireng 2Jajaran Dosen Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang (Foto: Nur Hannan for TIMES Indonesia)

Nur Hannan, Mudir Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Pesantren Tebuireng mengatakan, pencapaian yang diraih oleh Ma'had Aly tersebut, tentu yang paling utama merupakan support dan dukungan pengasuh beserta jajaran pengurus Yayasan Hasyim Asy'ari Pesantren Tebuireng.

Dukungan dari berbagai bentuk dari pihak yayasan mulai dari fasilitasi yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan Ma'had Aly yang optimal dan ideal sejak Ma'had Aly Hasyim Asy'ari didirikan.

"Selian itu, hasil kerja tim yang maksimal dalam menyiapkan semua kebutuhan evaluasi dan penilaian (akreditasi) mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan penilaian," katanya, kepada TIMES Indonesia. Jum'at (9/7/2021).

Selain itu, pihaknya melalui Asosiasi Ma'had Aly Indonesia sedang mendorong dan mengawal Kementerian Agama RI untuk membentuk Majelis Masyayikh sebagai Lembaga Penjaminan Mutu Eksternal Pendidikan Pesantren sebagaimana amanat UU tentang Pesantren.

Mahad Aly Hasyim Asyari Tebuireng 37 Ma'had Aly predikat mumtaz menurut Kemenag RI (Foto: Instagram @nucreativemedia)

"Membentuk Ditjen (Direktorat Jendral) Pesantren dalam rangka optimalisasi layanan dan fasilitasi terhadap Pesantren untuk menjalankan fungsinya dalam bidang pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat," tuturnya.

Lelaki kiai yang akrab disapa Kiai Hannan berharap dan mempunyai cita-cita tinggi atas pendirian dari Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang. "Para pendiri dan Pengasuh Pesantren Tebuireng terhadap Ma'had Aly Hasyim Asy'ari sebagai lembaga pendidikan tinggi pesantren untuk menyiapkan kader-kader pesantren Tebuireng yang mampu menjadi agent of change bagi lingkungan masyarakat dimana mereka tinggal setelah lulus dari Ma'had Aly," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES