Wisata

Pemakaman Singanagara, Potensi Wisata Religi dan Sejarah di Ciamis

Jumat, 09 Juli 2021 - 15:15 | 29.47k
Pemakaman Singanagara di Ciamis miliki potensi wisata religi dan sejarah (foto: Dok. Yuyu Hidayat)
Pemakaman Singanagara di Ciamis miliki potensi wisata religi dan sejarah (foto: Dok. Yuyu Hidayat)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Ciamis terkenal dengan peninggalan bersejarah jejak Kerajaan Galuh. Ada sejumlah spot yang berpotensi menjadi objek wisata religi dan sejarah di Ciamis.

Namun, beberapa spot historis tersebut, masih memerlukan pengembangan dari sektor pariwisatanya. Salah satunya, pemakaman Singanagara yang kental dengan sosok keturunanan Raja Galuh.

Pemakaman tersebut berada di Dusun Desa, Desa Werasari, Kecamatan Ciamis, Jawa Barat.

Konon, Singanagara juga dipercaya adalah anak dari Eyang H Nawawi. Bahkan, di sekitar makamnya juga ada makam-makam tokoh Kerajaan Galuh lainnya.

"Banyak peziarah dari luar kota yang datang ke pemakaman ini. Maka, saya pikir, ini memiliki potensi menjadi wisata religi dan sejarah di Kabupaten Ciamis," terang Yuyu Hidayat, keturunan ke delapan dari Eyang H Nawawi, Jumat (9/7/2021).

Bahkan, objek wisata dari objek bersejarah di Ciamis tersebut juga bisa mendulang PAD (Pendapatan Asli Daerah). Hal itu tentunya bisa menjadi aset sejarah yang terkenal di Ciamis.

"Harapannya ada perhatian lebih dari pemerintah. Tentunya, itu untuk menata tempat ini menjadi lebih nyaman untuk pengunjung atau wisatawan ke depannya," jelasnya.

Pihaknya juga berharap, masyarakat Ciamis juga dapat lebih banyak mengenal objek wisata religi dan sejarah pemakaman Singanagara ini. "Sebab, ini memiliki nilai sejarah yang kuat terkait Kerajaan Galuh," tuturnya. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES