Peristiwa Internasional

China Kenalkan Prototipe Jet Tempur Siluman FC-31

Jumat, 09 Juli 2021 - 12:03 | 84.70k
Sebuah jet tempur siluman FC-31 yang asli saat ditampilkan di Aviation Expo Park (SAC) Shenyang Aircraft Corp.
Sebuah jet tempur siluman FC-31 yang asli saat ditampilkan di Aviation Expo Park (SAC) Shenyang Aircraft Corp.

TIMESINDONESIA, JAKARTAChinamemperkenalkan prototipe jet tempur siluman, FC-31kepada publik pada pameran di Shenyang Aircraft Corporation (SAC) Aviation Expo Park.

Seperti dilansir Global Times, Rabu (7/7/2021), jet ini telah menyelesaikan pengujian statis, pengujian yang sangat penting untuk memeriksa integritas struktural pesawat dalam kondisi ekstrem.

Dengan menerapkan tekanan ekstrim ke semua bagian dan komponen yang berbeda dari pesawat, pengujian statis bisa membantu pengembang mengumpulkan sejumlah besar data, yang sangat berharga dalam pengembangan masa depan.

"Pengujian statis ini sangat penting untuk pengembangan pesawat, karena mensimulasikan di lapangan kekuatan dan beban yang akan ditanggung pesawat saat terbang dan bermanuver, dan memeriksa apakah integritas struktural pesawat memenuhi persyaratan," kaya pakar militer China dan komentator TV, Song Zhongping.

jet tempur siluman 2

Tampilan publik dari demonstran uji statis FC-31 merupakan indikasi bahwa ia telah menyelesaikan misi yang dimaksudkan," tambah Song dengan catatan bahwa pesawat kemungkinan tidak dapat terbang karena kerusakan yang diterima dalam pengujian ekstrim.

"Dengan pengujian statis yang dilakukan, proyek FC-31 bisa melanjutkan pengujian dan modifikasi lebih lanjut," katanya lagi.

Laporan CCTV tidak mengungkapkan kapan pengujian statis dilakukan. Pengamat menduga bahwa itu selesai untuk sementara waktu sebelum pesawat itu diperbaharui untuk pameran.

Rekaman media menunjukkan bahwa meski FC-31 yang dipamerkan bernomor "31001" - nomor seri demonstran FC-31 pertama yang tampil di Zhuhai Airshow 2014 itu mungkin bukan pesawat yang sama.

"Desain ekornya berbeda dan mewakili versi yang didesain ulang yang ditampilkan di Zhuhai Airshow 2018 sebagai model," kata pengamat.

"FC-31 telah mengalami banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir, dan versi yang lebih baru dari FC-31 berdasarkan hasil tes sebelumnya dan modifikasi dapat segera melakukan uji terbang," ujar Song.

Pada awal Juni, media asing memposting foto yang menunjukkan model ukuran penuh FC-31 pada kapal induk tiruan, yang diduga digunakan untuk mengevaluasi pengembangan kapal induk negara tersebut.

Karena kapal induk China pada akhirnya akan membutuhkan jenis jet tempur siluman, dan FC-31 akan menjadi kandidat yang baik setelah menerima perbaikan dan modifikasi yang diperlukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES