Gaya Hidup

Ini yang Terjadi Jika Cokelat Disimpan di Kulkas

Jumat, 09 Juli 2021 - 04:31 | 37.36k
ILUSTRASI - Cokelat batangan kurang tepat bila disimpan di kulkas. (FOTO: freepic.diller/Freepik)
ILUSTRASI - Cokelat batangan kurang tepat bila disimpan di kulkas. (FOTO: freepic.diller/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTACokelat batangan gampang meleleh di suhu panas. Karena itu, banyak yang menyimpan makanan manis ini di dalam kulkas.

Namun, ternyata kulkas bukanlah tempat yang tepat untuk menyimpan cokelat batangan. Dilansir dari liputan6.com, ahli cokelat, Luke Owen Smith mengatakan, kebiasaan menyimpan cokelat di dalam kulkas harus segera dihentikan.

Menurut dia, cokelat seharusnya tidak pernah disimpan di lemari es, bahkan saat cuaca hangat sekalipun. Temperatur atau suhu dingin kulkas justru membuat penampilannya kusam. Tak hanya itu rasa dan aromanya pun akan hilang. Yang terasa hanya manisnya saja.

Lalu di mana seharusnya menyimpan cokelat? Menurut Luke, cokelat sebaiknya disimpan di dalam lemari yang sejuk dan gelap, dengan suhu antara 10 dan 20 derajat Celcius. Suhu 15 derajat Celcius sebagai suhu yang sempurna.

Meski demikian, Luke tidak melarang menyimpan cokelat di kulkas selamanya. Pria itu mengatakan, cokelat baru tepat disimpan dalam kulkas jika temperatur di dalam rumah mencapai 28 derajat Celcius.

Ia menyarankan agar cokelat batangan disimpan dalam wadah kedap udara, sebelum masuk kulkas, agar menjaga rasanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES