Kesehatan

Tips Memilih Makanan Cepat Saji yang Lebih Sehat

Jumat, 09 Juli 2021 - 06:24 | 71.73k
ILUSTRASI - Makanan Cepat Saji. (FOTO: Lifehacker)
ILUSTRASI - Makanan Cepat Saji. (FOTO: Lifehacker)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMakanan cepat saji memang cenderung dinilai bisa merugikan kesehatan. Namun meski demikian, masih banyak yang mengonsumsi makanan cepat saji. Rasa gurih yang ada pada makanan cepat saji memang begitu menggoda untuk dinikmati. Lalu bisakah kita mengonsumsinya namun dengan cara yang sehat?

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut neberapa tips yang bisa kita lakukan agar makanan cepat saji yang kita pilih lebih sehat.

1. Pilih Makanan Cepat Saji Sesuai dengan Porsi

Jika dikonsumsi sebagai camilan, misalnya burger ukuran sedang dengan isi daging, maka kebutuhan tubuh rata-rata orang dewasa Indonesia sudah terpenuhi sebanyak 20 persen. Maka  jika mengonusumsi burger bukan untuk mengganti makan besar, maka konsumsi ½ atau ¾ porsi saja. Agar pemenuhan kebutuhan dari camilan tidak berlebihan.

2. Utamakan Menggunakan Metode Masak yang Rendah Lemak

Pilih metode masak panggang atau bakar, misalnya daging panggang untuk ditambahkan pada kebab, agar asupan lemak dari makanan cepat saji tidak berlebihan.

3. Pilih Makanan dan Minuman Pendamping yang Rendah Lemak dan Gula

Sudah menjadi kebiasaan, kentang goreng dan minuman bersoda menjadi teman saat menyantap burger. Hal ini yang menyebabkan peningkatan asupan kalori yang berlebihan karena adanya asupan gula dan lemak. Untuk itu, ganti kentang goreng dengan kentang tumbuk yang rendah lemak dan pilih minuman yang rendah gula, misalnya air putih.

4. Buat Sendiri Makanan Cepat Saji

Dengan membuat makanan cepat saji sendiri, maka kita bisa menentukan porsi, metode masak, makanan dan minuman pendamping hingga penggunaan saus yang tepat. Sehingga asupan makanan cepat saji sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh namun tetap terasa enak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES