Kopi TIMES

Tips Belajar Online Agar Maksimal

Jumat, 09 Juli 2021 - 01:28 | 62.68k
Tips Belajar Online Agar Maksimal
Intan Idaman Halawa, Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Matematika
Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, PAMULANGDI TENGAH pandemi saat ini, belajar online adalah solusi untuk tetap menjalankan proses belajar mengajar baik siswa, mahasiswa, guru maupun dosen. Tidak jarang orang atau pelajar mengeluh karna gaya belajar saat ini. Beberapa keluhan yang sering terucap diantaranya "e-learning itu membosankan", "menguras otak untuk berpikir sendiri", "selama e-learning saya tidak dapat apa-apa", " tidak ada hasil yang dicapai", "e-learning berlalu begitu saja" dst.

Ucapan dan keluhan itulah yang sering kita dengar bahkan kita alami. Perlu kita ketahui bahwa apa yang sedang kita usahakan adalah untuk diri kita sendiri bukan untuk kemasyuran orang lain. Maka dari itu, kita harus berjuang semaksimal mungkin.

Berikut ada beberapa tips belajar online untuk mencapai hasil maksimal:

1. Ketika ingin memulai e-learning jangan langsung mengeluh

Sering kali ketika hari belajar dimulai, tidak sedikit pelajar yang berpikir negatif sebelum memulai. Berbagai ucapan dan keluhan yang sering kita dengar misalnya, "haduhhh, e-learning lagi", "susah banget", "ribet", " capek", "membosankan" dan masih banyak lagi. Ucapan-ucapan ini sering sekali menjadi kalimat pembuka saat memulai pembelajaran online. 

Bukan hanya siswa dan mahasiswa, sebagian guru dan dosen juga mengalami hal yang sama. Mengapa hal itu dapat terjadi? Karena fokus dari awal yang salah. Harusnya, ketika kita mengemban suatu tugas dan kewajiban berpikirlah positif dalam menjalankannya. Ucapkan kata-kata yang membuat mu semangat memulai pembelajaran misalnya, "aku pasti bisa". 

Kemudian, tanamkan dalam dirimu suatu tekad untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin. Untuk menjadi orang yang berkualitas,  selalu ada motivasi setiap mengawali dan evaluasi diri setiap mengakhiri hari. Sehingga, untuk memulai pembelajaran tetap tertanam semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

2. Mulai e-learning dengan membuka dan mempelajari modul, artikel dan video pembelajaran tanpa tergesa-gesa

Hal ini bertujuan agar pemahaman mengenai materi pada saat pembelajaran tidak berlalu begitu saja. Ada banyak hal yang membuat kita tergesa-gesa dalam membaca, menonton dan memahami materi misalnya, pekerjaan lain, chatting dll. Oleh karena itu, usahakan ketika belajar fokuskan pikiran hanya untuk belajar. 

Belajar tanpa tergesa-gesa bukan berarti harus berlama-lama atau lamban dalam membaca dan memahami materi. Akan tetapi, belajar tanpa terhesa-gesa yang dimaksud adalah tidak melewati langkah demi langkah yang sudah ditetapkan oleh operator e-learning. Sehingga, kamu tidak akan menghabiskan waktumu untuk bertanya terus menerus kepada orang lain seperti apa dan bagaimana materinya.

3. Jangan terlalu tegang dan serius saat melakukan pembelajaran online

Terlalu tegang dan serius ketika belajar akan mengakibatkan kebosanan ditengah pembelajaran. Selain bosan, hal ini juga akan memicu kantuk. Oleh karena itu, mempelajari modul, artikel, dan video pembelajaran dapat dilakukan sambil ngamil sehat. Merujuk kepada Journal of Alzheimer's Disease, "rutin makan apel bisa meningkatkan produksi neurotransmiter asetilkolin di otak. Senyawa ini pun dapat memperbaiki daya ingat serta menurunkan risiko alzheimer". Selain menghilangkan bosan dan kantuk, ngamil buah dapat pula mempercepat kerja otak.

Ketika mulai pusing atau mumet sebaiknya jangan dipaksa untuk belajar dan memahami materi. Kamu bisa mendengarkan musik atau aktifitas yang dapat menyegarkan dan memulihkan kerja otak. Kemudian,  jangan lupa minum air putih secukupnya. Hal ini juga dapat mencegah dehidrasi dan membantu otak untuk tetap fokus.

4. Tulis poin-poin penting dari hasil pemahamanmu

Ketika memulai pembelajaran, sediakan buku dan pulpen untuk mencatat. Tujuannya adalah agar kamu tidak lupa dan tidak memaksa kamu untuk kerja 2 kali. Selain membantu untuk mengingat, hal tersebut juga membantu untuk meminimalisir penggunaan waktu. Sehingga tidak banyak waktu terbuang untuk membuka video, artikel dan modul secara berulang-ulang. Kemudian, simpan modul yang telah di download ke penyimpanan khusus misalnya ke drive. Setiap modul yang didownload diberi label dan disimpan serta disusun sedemikian rupa sehingga tidak susah dicari ketika dibutuhkan. 

5. Masuk ke forum diskusi

Forum diskusi adalah bagian yang paling penting ketika melaksanakan e-learning. Dalam forum ini usahakan kamu dapat menanggapi pertanyaan dari dosen atau guru pengampu, memberi pertanyaan dan menanggapi jawaban dari teman-temanmu. Jangan scroll terlalu cepat, karena hal ini akan membuat kita melewati poin-poin penting dalam forum. Analisa pertanyaan dan jawaban dengan baik dan kritis. Sehingga kuantitas dan kualitas tanggapanmu tidak sekedar komentar standar. 

Hal terpenting dalam forum diskusi adalah jangan copas (copy paste) jawaban dari google. Hal ini akan memanjakan otak untuk tidak berpikir kritis (asal menjawab).

6. Buat jadwal pengerjaan dan kategori tugas yang ingin diselesaikan

Seperti yang dikatakan oleh Maudy Ayunanda untuk mengatur waktu mengerjakan tugas yang baik harus mengikuti jadwal yang ada. "Tugas yang penting dan mendesak (deadline) kerjakan saat itu juga. Kemudian, tugas yangipenting tapi tidak mendesak tetapkan tanggal penyelesaiannya.

Untuk tugas yang tidak penting tapi mendesak sebaiknya tunda dulu". Dengan demikian, tidak ada kata "lupa" untuk mengerjakan tugas atau tidak ada tugas yang terlewatkan.

7. Lakukan pengecekan ulang

Setelah mengisi forum diskusi dan mengupload tugas sebaiknya cek ulang. Hal ini akan membantu kita untuk tidak melewati info dan poin-poin penting selama e-learning berlangsung. Sehingga e-learning yang kita laksanakan benar-benar kita pahami dan tidak akan berlalu begitu saja. Ketika kita mulai lupa, kita bisa membuka catatan yang telah kita tulis dan modul yang telah kita simpan.

Dengan ke-7 poin di atas kita pasti bisa mencapai nilai maksimal selama pembelajaran daring (e-learning). Intinya adalah kita harus punya niat dan kemauan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berkualitas.

***

*) Oleh: Intan Idaman Halawa, Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Matematika.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • Ansor Jatim: Bentuk Tim Independen Investigasi Tragedi Stadion Kanjuruhan 
    Ansor Jatim: Bentuk Tim Independen Investigasi Tragedi Stadion Kanjuruhan 
    02/10/2022 - 12:49
  • Mengenal Motif Batik Tunggul Argani yang Menyimpan Filosofi Sejarah Jombang
    Mengenal Motif Batik Tunggul Argani yang Menyimpan Filosofi Sejarah Jombang
    02/10/2022 - 12:40
  • Forum Komunikasi Supporter Indonesia Minta Kapolri Usut Tuntas Tragedi Stadion Kanjuruhan
    Forum Komunikasi Supporter Indonesia Minta Kapolri Usut Tuntas Tragedi Stadion Kanjuruhan
    02/10/2022 - 12:35
  • Duka Cita untuk Korban Kanjuruhan, Lestari Moerdijat: Hentikan Budaya Kekerasan 
    Duka Cita untuk Korban Kanjuruhan, Lestari Moerdijat: Hentikan Budaya Kekerasan 
    02/10/2022 - 12:34
  • Sri Untari Instruksikan Banteng Malang Raya Turun Dampingi Keluarga Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan
    Sri Untari Instruksikan Banteng Malang Raya Turun Dampingi Keluarga Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan
    02/10/2022 - 12:24

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    01/10/2022 - 16:19
  • Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    01/10/2022 - 15:14
  • Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    01/10/2022 - 14:00
  • Pancasila Sakti
    Pancasila Sakti
    01/10/2022 - 06:01
  • Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    30/09/2022 - 09:01
  • Dampak Limbah Peternakan
    Dampak Limbah Peternakan
    29/09/2022 - 20:43
  • Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    29/09/2022 - 12:12
  • Konsep Manajemen Dalam Islam
    Konsep Manajemen Dalam Islam
    29/09/2022 - 11:10

KULINER

  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38
  • 6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    29/09/2022 - 02:21
  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32
  • BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    26/09/2022 - 10:01