Kesehatan

Tips Merawat Kesehatan Gigi Bagi Perokok

Kamis, 08 Juli 2021 - 13:52 | 67.40k
 Ini Tips Merawat Gigi dengan Behel (Sergey Novikov/Shutterstock)
Ini Tips Merawat Gigi dengan Behel (Sergey Novikov/Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Anda perokok? Anda punya masalah dengan gigi anda? Jangan khawatir, Juanita Matkhurotin, Tenaga kesehatan gigi Kabupaten Jombang ini akan membagikan tips merawat gigi bagi perokok.

Menurutnya, efek dari kebiasaan merokok akan menyebabkan perubahan warna pada gigi, gigi bisa menghitam dan berwarna kekuning-kuningan. Sebab para perokok kurang menjaga kesehatan gigi dan cara perawatan gigi yang baik dan benar.

Tenaga kesehatan gigi, Juanita Matkhurotin menuturkan rata-rata perokok mengalami perubahan pada warna gigi. Lantaran kurangnya menjaga kesehatan gigi dengan cara gosok gigi.

doketer gigi b

Ketika warna gigi mulai berubah, akan semakin sulit untuk merawatnya bila tidak dilakukan secara rutin. Maka menjaga dua organ diantara gigi dan mulut ini akan berpengaruh bagi kesehatan seluruh tubuh manusia.

"Ini pentingnya merawat gigi, akibatnya warna yang berubah, akan berdampak bagi bau mulut serta memicu pada radang gusi," katanya, kepada TIMES Indonesia saat ditumui ditempat kerjanya. Kamis (8/7/2021).

Berikut tips merawat kesehatan gigi yang dapat dilakukan. Menurut Juanita Matkhurotin, Tenaga kesehatan gigi Kabupaten Jombang.

1. Rutin melakukan sikat gigi

Kebiasaan menggosok gigi 2 kali sehari ketika mandi, merupakan kebiasaan yang keliru. Kebiasaan yang benar yaitu rutin sikat gigi saat bangun pagi dan sebelum tidur malam ditambah selesai makan.

2. Berkumur dengan obat kumur secara rutin

Sikat gigi secara rutin saja tidak cukup, para perokok dan untuk masyarakat umum bisa menambah kebiasaan dengan cara berkumur dengan obat kumur seperti mouthwash. Selain membantu menghilangkan bau mulut, juga nafas akan menjadi segar.

3. Memilih pasta gigi dan sikat gigi

Berbagai macam versi sikat untuk membersihkan gigi, namun untuk merawat gigi untuk menghindari dari perubahan warna, diperlukan memiliki pasta sikat dan pasta gigi yang mengandung flouride.

Salah satu manfaat Flouride itu sangat berperan dalam memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang, serta yang lain sebagainya. Apalagi untuk sikatnya, pilihlah yang halus dan ujungnya lonjong kecil untuk bisa menjangkau area sudut gigi.

4. Periksa 6 bulan sekali ke dokter gigi

Periksa ke dokter ahli gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan upaya mengetahui kesehatan gigi secara berkala, dan memeriksa gigi sekitarnya. Karena apabila ada kerusakan dan penyakit agar bisa segera ditangani.

Sebagai informasi, merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat berdampak pada kesehatan gigi dan mulut. Kebanyakan para perokok memiliki gigi yang kuning dan kehitaman.

doketer gigi c

Hal ini disebabkan kandungan bahan kimia dalam rokok, yakni nikotin dan tar. Nikotin sebetulnya merupakan zat yang tidak berwarna. Namun, ketika bersinggungan dengan oksigen akan berubah warna menjadi kuning.

Ketika rokok tersebut diisap atau sekadar diletakkan di dalam mulut, nikotin dan tar dapat masuk ke rongga mulut dan lapisan terluar gigi, yaitu email. Hal inilah yang mengakibatkan gigi tampak lebih kuning. Perubahan ini akan menjadi lebih berat ketika lapisan email mengalami kerusakan atau gigi tidak bersih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES