Pendidikan

UIN Maliki Malang Gelar Summer Program Secara Daring

Kamis, 08 Juli 2021 - 13:17 | 120.42k
Banner Summer Program 2021 di depan Fakultas Saintek UIN Maliki Malang. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)Panitia Summer Program saat ditemui di Fakultas Saintek UIN Maliki Malang. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)Saat kegiatan pelatihan Summ
Banner Summer Program 2021 di depan Fakultas Saintek UIN Maliki Malang. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)Panitia Summer Program saat ditemui di Fakultas Saintek UIN Maliki Malang. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)Saat kegiatan pelatihan Summ

TIMESINDONESIA, MALANG – Jurusan Teknik Informatika (TI), Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) pada tahun 2021 ini menggelar Summer Program 2021 secara daring. Program tersebut hadir sejak tahun 2017 dan sempat vakum pada tahun 2020 karena pandemi.

Summer Program ini merupakan kegiatan pertukaran pelajar antara UIN Maliki Malang dengan Universitas Kebangsaan Malaysia sehingga mengharuskan luring.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Kita mengirimkan 20 mahasiswa ke sana dan mereka juga mengirimkan 20 mahasiswanya ke sini selama satu bulan," jelas Juniardi Nur Fadila, M.T, Dosen TI UIN Maliki Malang yang menaungi Summer Program kepada TIMES Indonesia, Rabu (8/7/2021).

Fakultas Saintek UIN Maliki Malang b

Juniardi Nur Fadila, M.T menjelaskan, untuk tetap melanjutkan program tersebut akhirnya ia dan tim berinisiatif membuka kelas pelatihan secara daring. Dan karena dilakukannya secara daring, peserta Summer Program dibuka lebih luas untuk umum tidak hanya dari Malaysia. Sehingga terdapat sejumlah 200 peserta yang tergabung dalam Summer Program pada tahun 2021 ini. Peserta yang tergabung terdiri 30 peserta dari Malaysia dan 170 peserta dari Indonesia.

Summer program ini dilaksanakan selama satu bulan mulai 5 Juli sampai 1 Agustus 2021. Pada tiga minggunya, tutor memaparkan materi. Kemudian pada satu minggu terakhirnya, peserta diminta menghasilkan produk berupa video dari hasil pelatihan yang diajarkan oleh tutor. Video tersebut nantinya akan UIN Maliki Malang lombakan dengan mendatangkan dewan juri dengan bidang yang sesuai.

"Program ini yang menjadi pengajarnya bukan dari dosen tetapi dari teman-teman komunitas yang ada dibawah naungan Jurusan TI UIN Maliki Malang," sambungnya.

Fakultas Saintek UIN Maliki Malang c

Juniardi menyampaikan, komunitas yang menjadi tutor dalam Summer Program yaitu Komunitas UI dan UX (UINUX), Komunitas Mobile Comunity All Platform (MOCAP), dan komunitas Manusia Multimedia (MAMUD). Juniardi menilai mahasiswa lebih patut menjadi tutor dalam program tersebut dibandingkan dengan dosen karena mahasiswa lebih update info mengenai teknologi-teknologi yang mutakhir.

Summer Program yang digelar UIN Maliki Malang ini mengajarkan tiga materi tentang TI. Yang pertama mengenai frontend programming yang mempelajari desain tampilan aplikasi. Yang kedua mengenai backend programming yang mempelajari pembuatan aplikasi. Dan yang ketiga mengenai 3d animasi yang mempelajari pembuatan animasi.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Tujuan diadakannya program ini untuk membranding UIN Maliki Malang yang tidak hanya unggul dalam agama tetapi juga terdapat teknologi yang berkembang di dalamnya," tutur Bisyri Syamsuri, Ketua Panitia Summer Program 2021 yang diadakan oleh UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES