Kesehatan

Penggunaan Masker Dobel Disarankan Menggabungkan Masker Medis dengan Kain

Kamis, 08 Juli 2021 - 12:28 | 55.30k
Ilustrasi masyarakat memakai masker. (AFP Photo/Charly Triballeau)
Ilustrasi masyarakat memakai masker. (AFP Photo/Charly Triballeau)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bhakti Wara, Nafiandi menyampaikan, penggunaan masker dobel saat ini disarankan untuk mencegah Covid-19. Masker dobel ini dipakai dengan menggabungkan masker medis dan masker kain.

"Dianjurkan untuk menggunakan masker bedah di dalam dan masker kain di luar karena pemakaian seperti ini akan meningkatkan efektivitas filtrasi masker dan dapat memblokir 80 persen partikel," katanya.

Sementara itu, Wita Prominensa, dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Pasar Kemis juga menyampaikan, masker medis dianjurkan berdasarkan standarisasi CDC's NIOSH yang bertujuan untuk keseimbangan filtrasi tinggi, kemampuan bernapas secara adekuat dan optimal. Dan resisten terhadap penetrasi cairan.

Ia menjelaskan, pemakaian masker bedah dobel dengan jenis yang sama tidak direkomendasikan karena tidak akan memberikan perlindungan yang lebih baik. "Masker bedah masih memiliki area open face pada sisi samping dan berpotensi terjadi kebocoran," kata Wita.

Wita menjelaskan, penggunaan masker bedah secara berlapis tidak akan meningkatkan kemampuan filtrasi dan kesesuaian masker. Selan itu, ia juga tak menyarankan untuk menggunakan kombinasi KN95/N95 dengan masker lainnya.

Pemakaian masker direkomendasikan diganti setiap 4 jam. Apa lagi jika masker sudah basah, rusak, sudah sempat dilepas saat makan dan minum, atau kotor.

Penggunaan masker dobel direkomendasikan CDC dengan tujuan agar menutupi area wajah lebih ketat sehingga mengurangi transmisi sebesar 85 - 95 persen. Masker kain sebagai lapisan luar sendiri dapat memberikan penambahan perlindungan sekitar 50 - 70 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES