Olahraga Euro 2020

It's Coming Home, Inggris Lolos Final Euro 2020

Kamis, 08 Juli 2021 - 05:21 | 78.34k
Harry Kane dan skuat Inggris usai memastikan lolos ke babak final Euro 2020. (Foto: twitter @SkidKidd)
Harry Kane dan skuat Inggris usai memastikan lolos ke babak final Euro 2020. (Foto: twitter @SkidKidd)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pertama sejak dihelatnya Piala Eropa, Inggris berhasil menorehkan sejarah dengan mampu lolos ke babak final. Harry Kane dkk mengalahkan Denmark dengan skor 2-1, Rabu waktu setempat (7/7) di stadion Wembley. Hasil ini membuat mereka lolos ke babak final Euro 2020.

Babak Pertama

Bermain di depan pendukung sendiri, Inggris tampil menyerang sejak menit awal. Menit 13, kombinasi Harry Kane dan Raheem Sterling bisa digagalkan oleh kiper Denmark, Kasper Schmeichel.

Denmark membalas pada menit 16. Kevin Phillips kehilangan bola dan membuat Hojberg leluasa merangsek ke kotak penalti. Dia melepakan sepakan yang masih bisa diamankan oleh kiper Inggris, Jordan Pickford.

Inggris Lolos Final Euro 2020 bEksekusi penalti Harry Kane yang digagalkan kiper Denmark. (Foto: Reuters)

Namun Denmark mengejutkan puluhan ribu suporter Inggris. Menit 30, sepakan bebas luar biasa dari Damsgaard membuat Denmark unggul 1-0. M

Menit 38, Inggris berpeluang menyamakan kedudukan. Umpan matang Harry Kane sebenarnya mampu disambut dengan baik oleh Sterling namun penyelamatan luar biasa dilakukan oleh Schmeichel. 

Akhirnya usaha Inggris menyamakan skor berbuah hasil pada menit 39. Sebuah serangan dari Bukayo Saka membuat kapten Denmark, Kjaer melakukan gol bunuh diri. Dia bermaksud menghalau bola namun arah bola justru masuk ke gawang sendiri. 1-1 skor berubah dan menjadi akhir babak pertama.

Babak Kedua

Denmark mengancam lebih dulu pada awal babak kedua tepatnya menit 51. Sebuah sepakan dari Dolberg mampu digagalkan oleh Pickford. Empat menit kemudian giliran Inggris yang mengancam. Sebuah sundulan Maguire masih bisa digagalkan dengan luar biasa oleh Schmeichel.

Pada babak kedua, tak ada peluang emas berarti yang dibuat kedua tim. Inggris memang tampil dominan. Namun ketatnya lini pertahanan Denmark membuat Inggris tak mampu mengancam lebih banyak untuk membuat gol kedua.

Pertandingan pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Menit 94, Harry Kane mampu mengancam. Namun lagi lagi sepakannya masih bisa digagalkan oleh Schmeichel.

Menit 98, peluang kembali didapatkan Inggris. Kali ini umpan apik Jack Grealish mampu disambut oleh Raheem Sterling namun sepakannya masih melambung diatas gawang Denmark. 

Usaha Inggris membuahkan hasil pada menit 102. Raheem Sterling jatuh didalam kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih. VAR juga menguatkan keputusan itu. 

Inggris Lolos Final Euro 2020 cEkspresi suporter Inggris yang mendukung langsung di stadion. (Foto: Reuters)

Harry Kane yang maju sebagai algojo sebenarnya gagal mengeksekusi penalti karena ditepis oleh Schmeichel. Namun bola pantul mampu dimanfaatkan oleh Kane untuk membuat skor menjadi 2-1. 

Denmark mencoba membalas pada menit menit akhir perpanjangan waktu. Braithwaite melepaskan keras yang masih bisa ditepis oleh Pickford. Inggris juga berpeluang menambah gol. Kali Schmeichel kembali jadi pahlawan karena kembali menepis sepakan jarak dekat dari Sterling.

Tak ada gol tambahan. Inggris pun melaju ke babak final Euro 2020. Mereka akan melawan Italia yang sudah lebih dulu lolos ke turnamen tertinggi antar negara di eropa itu. Selamat Inggris, apakah benar akan terjadi "Its Coming Home"? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES