Gaya Hidup

5 Makanan Rendah Kalori Ini Kaya Nutrisi Lho

Kamis, 08 Juli 2021 - 02:32 | 43.33k
ILUSTRASI - Tomat makanan rendah kalori yang kaya nutrisi. (FOTO: Alliance/Shutterstock)
ILUSTRASI - Tomat makanan rendah kalori yang kaya nutrisi. (FOTO: Alliance/Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak bahan makanan rendah kalori yang justru mengandung kandungan nutrisi yang beragam dan penting untuk kesehatan tubuh. Bahan makanan tersebut juga menimbulkan rasa kenyang lebih lama karena mengandung serat yang cukup melimpah.

Berikut ini adalah lima bahan makanan yang memiliki kalori sangat rendah bahkan mendekati nol namun bernutrisi tinggi dan sangat baik untuk kesehatan dan program diet untuk menurunkan berat badan, dilansir dari cantikalamiah.com.

1. Brokoli

Brokoli mengandung kalori yang sangat rendah, bahkan disebutkan kalori yang dikandung oleh brokoli akan habis dipakai menjadi tenaga untuk mengunyah brokoli itu sendiri. Namun berkebalikan dengan jumlah kalori dalam brokoli yang sangat kecil, nutrisi yang terkandung dalam brokoli diketahui sangat tinggi dan beragam jenisnya.

2. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang paling digemari di seluruh dunia dan termasuk ke dalam makanan rendah kalori yang paling diminati. Rasanya yang segar ditambah rasa manis yang begitu memikat selera menjadikan semangka sebagai buah paling populer. Tidak seperti anggapan pada umumnya bahwa rasa manis merupakan perwujudan dari kandungan kalori yang tinggi, semangka ternyata justru memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

3. Wortel

Wortel memang kaya akan vitamin A dan beta karoten yang bagus untuk kesehatan mata dan sistem penglihatan. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin C, vitamin K, kalium, mangan, fosfor, seng dan folat. Wortel mengandung sangat sedikit kalori yang bahkan dapat terbakar melalui proses mengunyah wortel itu sendiri. Apalagi wortel terkenal memiliki tekstur renyah sehingga memerlukan sedikit usaha untuk mengunyahnya secara sempurna.

4. Tomat

Tomat sering disebut para ahli sebagai buah dengan kandungan nutrisi terlengkap. Meski begitu, tomat mengandung kalori yang sangat kecil, bahkan mendekati nol. Tomat juga memiliki rasa menyegarkan karena mengandung cukup banyak air dengan rasa asam dan manis yang khas. Penyajian tomat sebagai makanan rendah kalori yang mengenyangkan dapat diolah menjadi jus tomat, atau dimasukkan bersama sayuran lain menjadi sup rendah lemak.

5. Kubis

Kubis memang diketahui mengenyangkan saat disantap dalam jumlah dan porsi yang cukup. Namun ternyata kubis mengandung kalori yang cukup rendah untuk ukuran bahan makanan yang cukup mengenyangkan sehingga kubis tergolong makanan rendah kalori yang membuat kenyang. Kubis juga mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Kubis bahkan dapat mencegah penyakit jantung dan berbagai kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES