Kesehatan

10 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Kamis, 08 Juli 2021 - 05:13 | 89.05k
ILUSTRASI - Jantung Pisang. (FOTO: Halodoc)
ILUSTRASI - Jantung Pisang. (FOTO: Halodoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengolah jantung pisang atau ontong sebagai bahan makanan. Biasanya, jantung pohon diolah dengan cara direbus lalu dicampur dengan bumbu parutan kelapa atau dibuat urap.

Ada juga yang mengolah jantung pisang sebagai gulai, pepes jantung pisang, tumis jantung pisang, dan isi lumpia serta aneka olahan makanan lainnya.

olahan-jantung-pisang.jpgSumber: cookpad.com

Namun tahukah anda jika jantung pisang tidak hanya lezat namun juga memiliki nutrisi dan gizi lengkap. Hasil penelitian menyebutkan, jantung pisang mengandung manfaat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi).

Dengan mengandung manfaat vitamin yang lengkap, jantung pisang bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit seperti berikut;

1. Mencegah stroke: Caranya yaitu dengan menggunakan satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya dan selanjutnya minum sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.

2. Mencegah Kolesterol, karena mampu mengikat lemak jahat dan kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan

3. Menyehatkan Perut, karena melancarkan pencernaan karena jantung pisang mengandung fiber yang tinggi.

4. Makanan penderita diabetes, jantung pisang baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang di rebus saja ini, sangat efektif untuk turunkan kandungan gula darah.

5. Kaya serat,  selain mengandung serat pangan yang tinggi sebab jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1.

6. Baik untuk diet, karena jantung pisang memberikan efek kenyang lebih lama, daripada manfaat nasi putih karena memiliki serat yang tinggi dan rendah

7. Melancarkan siklus darah, karena jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

8. Mencegah kanker, kandungan dalan jantung pisang diyakini mengurangi efek radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat antioksidan, yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas.

9. Anti penuaan dan menyembuhkan infeksi, ini teradi karena jantung pisang memiliki kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal

10. Mencegah penyakit gondok, karena jantung pisang mengandung yodium. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES