Glutera News

Kenapa Anda Membutuhkan Glutathione Setiap Hari ?

Rabu, 07 Juli 2021 - 18:29 | 26.11k
Foto: Glutera
Foto: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTAGlutathione merupakan antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Ada banyak manfaat glutathione yang penting bagi kesehatan, di antaranya mencegah kerusakan sel tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta menunjang sistem kekebalan tubuh.

Glutathione (GSH) diproduksi oleh hati dan sel-sel saraf di otak. Zat yang bersifat antioksidan ini terbentuk dari 3 jenis asam amino, yaitu L-cysteine, glycine, dan L-glutamate. Selain dihasilkan secara alami oleh tubuh, glutathione juga bisa diperoleh dari makanan tertentu atau suplemen.

PRODUKSI GLUTATHIONE BERKURANG

Glutathione sebenarnya dapat diproduksi oleh tubuh secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, produksinya akan berkurang mulai usia 20 tahun dan tinggal 50% menjelang usia 40 tahun.

PERAN GLUTATHIONE

Glutathione sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi kerja limfosit, yaitu salah satu jenis sel darah putih yang berperan dalam memerangi bakteri dan virus. Pasalnya, limfosit termasuk sel yang rentan terhadap radikal bebas, sementara glutathione merupakan antioksidan yang sangat ampuh melawan radikal bebas di dalam sel.

Tak hanya itu, glutathione juga dapat memaksimalkan penggunaan vitamin C dan E di dalam tubuh, membantu pengeluaran zat-zat beracun, dan memperlambat proses penuaan baik pada kulit maupun organ tubuh lainnya.
Glutathione juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat Anda tidak mudah sakit. Tak hanya pada orang yang sehat, manfaat glutathione ini juga baik untuk mendukung sistem imunitas tubuh pada penderita penyakit tertentu, seperti HIV/AIDS dan kurang gizi.

Source :
Dröge, W., & Breitkreutz, R. (2000). Glutathione and immune function. Proceedings of the Nutrition Society, 59(4), 595-600. 
World Health Organization (2020). Coronavirus Disease (COVID-19) Advice for the Public.
won, D. H., et al. (2019). Glutathione Induced Immune-Stimulatory Activity by Promoting M1-Like Macrophages Polarization via Potential ROS Scavenging Capacity. Antioxidants, 8(9), 413. 
Lee, G. Y., & Han, S. N. (2018). The Role of Vitamin E in Immunity. Nutrients, 10(11), 1614. 
Zhang, Z. W., et al. (2016). Mitochondrion-Permeable Antioxidants to Treat ROS-Burst-Mediated Acute Diseases. Oxidative Medicine and Cellular Longevity, 2016, 6859523.
Berkheiser, K. Healthline (2019). 10 Natural Ways to Increase Your Glutathione Levels. 
Wong, C. Verywell Health (2020). The Health Benefits of Glutathione. 
WebMD (2020). Glutathione. 
WebMD. Vitamins & Supplements. Glutathione

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES