Indonesia Positif

Penanganan Covid-19 di Sumba Timur, PT MSM dan Pemkab Tetap Lakukan koordinasi

Rabu, 07 Juli 2021 - 15:55 | 55.45k
Ilustrasi (Coronavirus)
Ilustrasi (Coronavirus)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – PT Muria Sumba Manis (PT MSM) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur tetap melakukan koordinasi khususnya di wilayah kerja Perusahaan PT MSM terkait upaya pengendalian dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur NTT.

“Upaya ini terkait dengan terjadinya kasus fatality positif Covid-19 di lingkungan PT MSM yang tentu kami sangat prihatin,” kata Corporate Communication PT MSM Dumaria Panjaitan, Rabu (7/7/2021).

Pihaknya mengimbau agar semua pekerja dan stakholder terkait dapat menyikapi secara tenang dan tidak panik karena MSM telah melakukan langkah-langkah penanganan terpadu untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja sudah dilakukan dengan ketat dan sesuai standar protokol kesehatan.

Dumaria mengaetakan perusahan sudah membentuk gugus tugas penanganan Covid dilingkungan perusahan dan secara aktif melakukan koordinasi dengan gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur.

Selain itu, perusahaan melakukan contact tracing dan mewajibkan tes Covid-19 bagi mereka yang teridentifikasi kontak erat dengan pekerja serta melakukan sterilisasi fasilitas perumahan dengan disinfektan.

Bagi seluruh pekerja yang terkonfirmasi positif seperti tanpa gejala/gejala ringan telah diisolasi difasilitasi safehouse perusahan yang tersentralisasi sedangkan untuk pekerja yang perlu mendapatkan perawatan medis akan langsung ditindaklanjuti ke Rumah Sakit rujukan.

Seluruh pekerja yang menjalankan isolasi mandiri dipantau secara intensif serta dipastikan mendapat penanganan dan perawatan secara maksimal guna mempercepat proses penyembuhan untuk turut memastikan penyebaran virus tidak semakin meluas.

“Kami mengawasi dan membatasi secara ketat seluruh pergerakan pekerja yang masuk atau keluar di lokasi perusahan,” paparnya.

Dumaria meyampaikan, dengan mengikuti Surat Pemberitahuan dari Bupati Sumba Timur nomor KESRA.440/1.309/VII/2021 tertanggal 5 Juli 2021 dan memperhatikan aturan dari pemerintah pusat maka MSM akan melakukan pengetaan prokes penanganan Covid-19 guna memastikan keselamatan dan kesehatan pekerja dilingkungan PT MSM melalui pemantauan dan tim tenaga medis perusahan.

Diantaranya, wajib mengekan masker bagi seluruh individu tanpa terkecuali. Menyediakan fasilitas cuci tangan dilokasi kerja MSM. Melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin. Melakukan samping test Covid-19 kepada seluruh pekerja secara rutin dan melakukan contact tracing kasus positif dan pengawasan.

Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD, perusahaan menyediakan obat-obatan dan tenaga medis 24 jam di lokasi fasilitas perumahan karyawan dengan memperketat masuk keluar serta mendorong dilakukannya vaksinasi bagi seluruh pekerja MSM.

PT MSM akan memastikan dilakukannya upaya yang komprehensif dan terkendali atas seluruh hasil pemeriksaan PCR/Swab antigen yang dilakukan secara berkala dengan berkoordinasi dengan Pemkab Sumba Timur.       

 

 

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES