News Commerce

5 Cara Dapat Pekerjaan Lewat Situs Lowongan Kerja

Rabu, 07 Juli 2021 - 14:00 | 43.56k
ILUSTRASI. (FOTO: kepoindonesia)
ILUSTRASI. (FOTO: kepoindonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lulus sekolah atau kuliah di masa pandemi memang menjadi tantangan tersendiri. Daripada bersedih lebih baik belajar tips cara dapat pekerjaan lewat situs lowongan kerja berikut ini.

Hingga kini, mencari kerja secara online masih menjadi solusi terbaik selama pandemi belum berakhir.

Situs apa saja yang pernah Anda coba? Loker Jakarta, JobStreet, LinkedIn, atau yang lainnya? Atau mungkin sudah tak terhingga saking sulitnya mencari lowongan di masa-masa banyak orang kena PHK.
Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi ini membawa dampak yang begitu besar, baik pada perekonomian maupun keberlangsungan perusahaan. Sehingga banyak orang kehilangan pekerjaannya, terkena efisiensi, bahkan terpaksa menerima setengah gaji karena dampak COVID-19.

Banyak perusahaan yang harus ekstra dalam pengelolaan finansialnya, agar bisa dapat bertahan di tengah pandemi ini. Dampaknya, proses perekrutan secara langsung mau tidak mau dialihkan menjadi serba digital. 

Sulit memang, karena ada banyak hal baru yang harus dipelajari dan cukup merepotkan. Daripada menyalahkan keadaan, lebih baik simak tips berikut ini.

Cara Dapat Pekerjaan Lewat Situs Lowongan Kerja

1. Selalu Utamakan Situs Terpercaya

Di tengah sulitnya orang mencari pekerjaan, tetap saja ada pihak yang jahil memanfaatkan momen ini. Jika salah memilih web loker online, taruhannya adalah data-data pribadi Anda yang bisa disalah gunakan.

Oleh karena itu, pilihlah situs-situs kredibel seperti milik pemerintah, Kemnaker, dan official platform lainnya. Agar tidak terjebak penipuan, lihat ulasannya di internet tentang kredibilitas situs tersebut.

Salah satu situs lowongan kerja terpercaya adalah Jakartakerja.com. Melalui situs ini, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja untuk berbagai bidang pekerjaan.

2. List Lowongan dan Perusahaannya 

Setelah menentukan website loker online, cari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kompetensi yang Anda miliki. Platform terpercaya biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur penyaringan yang spesifik. Gunakan fitur tersebut untuk mencari pekerjaan yang diinginkan.

Anda bisa mengatur hasil pencarian berdasarkan skill, jenis pekerjaan, perusahaan hingga range gaji. Simpan lowongan-lowongan tersebut dengan cara mencatatnya. Dengan begitu, Anda bisa mulai mengeksekusi langkah ketiga.

3. Persiapkan CV Terbaik

CV wajib dipersiapkan bagi siapa pun yang ingin melamar pekerjaan. Dengan melampirkan riwayat hidup, pemberi kerja akan tahu latar belakang Anda. Mulai dari pendidikan hingga pengalaman kerja sebelumnya.

Jika konten CV sudah baik, buat tampilan yang eye-catching dan elegan untuk menarik perhatian HRD. Hal ini dapat mencerminkan bahwa Anda penuh persiapan dan bersungguh-sungguh ingin bekerja di perusahaan tersebut. 

4. Perbarui Profil secara Berkala

Karena melamar via web online, mengisi profil merupakan kewajiban pelamar. Anda harus tahu bahwa pelamar bukan Anda seorang. Bahkan untuk satu posisi pekerjaan saja bisa mencapai ribuan pelamar. Jadi, fitur profil ini sangat penting untuk menyaring para kandidat secara otomatis.

Isi profil selengkap-lengkapnya meski tidak diwajibkan untuk mengisinya. Meskipun lamaran tak kunjung diterima, selalu perbarui profil Anda secara berkala. Terutama pada bagian nomor ponsel dan email agar Anda mudah dihubungi.

5. Selalu Update Pengetahuan Teknologi

Sambil menunggu panggilan, persiapkan diri dengan mempelajari berbagai pertanyaan yang sering diajukan oleh HRD saat wawancara. Selain itu, jangan lupa cari tahu teknologi yang sering digunakan untuk perekrutan. Kuasailah Gmail, Google Drive, Microsoft, dan yang tak kalah penting yaitu macam-macam media tatap muka untuk proses interview online.

Sekian informasi cara dapat pekerjaan lewat situs lowongan kerja. Semoga setelah membaca tips-tips di atas, Anda bisa mendapat kerja dalam waktu dekat. Jangan malas untuk mengaplikasikan tipsnya karena yang berhasil adalah dia yang mau terus belajar dan berusaha.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES