Olahraga Euro 2020

Good Bye Spanyol, Italia Melenggang ke Final Euro 2020

Rabu, 07 Juli 2021 - 07:00 | 51.51k
Selebrasi Federico Chiesa saat merayakan gol pertama Italia. (FOTO A: Al Jazeera/ Reuters)
Selebrasi Federico Chiesa saat merayakan gol pertama Italia. (FOTO A: Al Jazeera/ Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTAItalia melenggang ke final Euro 2020 setelah menang 4-2 atas Spanyol lewat adu pinalti, Rabu (7/7/2021) dini hari tadi.

Laga yang sangat menarik sejak peluit pertama dibunyikan yang dihelat di stadion Wembley, London, Inggris.

Azzurri  menjadi tim yang paling mengesankan di turnamen  sejauh musim panas ini. Nyaris tidak melakukan kesalahan saat mereka memuncaki grup setelah menang pada laga pembuka melawan Turki. Setelah itu Swiss dan Wales juga dikalahkan. Italia kemudian menyingkirkan Austria di babak 16 besar melalui perpanjangan waktu.

Kemudian mereka mengalahkan Belgia dengan cara yang mengesankan di perempat final. Sementara itu Spanyol mempunyai perjalanan naik turun yang jauh lebih banyak saat menuju ke empat besar.

Italia.jpgPara pemain Italia merayakan kemenangan setelah mengalahkan Spanyol 4-2 lewat adu pinalti di semifinal piala Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. (FOTO: Tribune/AFP)

Dua pertandingan grup pertama mereka melawan Swedia dan Polandia berakhir imbang sebelum kemenangan 5 gol atas Slovakia mengirim mereka lolos ke babak 16 besar.

Kemudian setelah itu salah satu pertandingan paling berkesan di Euro 2020 ketika 90 menit yang gila melawan Kroasia berakhir 3-3, dan diperpanjangan waktu Spanyol mencetak dua gol lagi. Adu penalti saat melawan Swiss akhirnya membawa mereka ke semifinal menghadapi Italia.

Spanyol mendominasi

Babak pertama sebenarnya berlangsung menarik. Italia saat itu langsung membuat peluang berbahaya di menit ke-4. Umpan terobosan Emerson berhasil diraih Barella, tapi tembakannya masih melebar.

Namun setelah serangan itu, justru Spanyol mulai mendominasi penguasaan bola. Bahkan di menit ke-13, Oyarzabal sempat satu lawan satu dengan kiper, namun gagal menahan bola dengan baik.

Menit ke-21, Italia gagal manfaatkan momen emas untuk mencetak gol. Nicola Barella kesulitan untuk mengecoh Laporte untuk melepas tembakan ke gawang kosong.

Usaha bagus dari Dani Olmo di menit ke-25. Setelah tembakan pertama diblok Bonucci, dia melepas tembakan lagi tapi masih bisa ditepis Donnarumma.

Italia mencoba peruntungan di menit ke-45 lewat Emerson. Mendapatkan umpan dari Insigne, tembakan Emerson di sisi kiri melambung jauh keluar.

Namun hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Italia lawan Spanyol pada semifinal Euro 2020 tetap bertahan.

Setelah sabar menunggu

Baru di babak kedua setelah sabar menunggu kesempatan serangan, Italia benar-benar repotkan Spanyol. Italia unggul 1-0 di menit ke-60 berkat gol Federico Chiesa.

Lewat serangan cepat, Ciro Immobile manfaatkan kesalahan bek Spanyol. Dia melepas umpan ke Chiesa yang dengan cerdik melepas tendangan terukur ke gawang Spanyol.

Menit ke-65, Spanyol sempat berpeluang menyamakan kedudukan lewat Mikel Oyarzabal. Namun dia gagal manfaatkan umpan Koke dengan baik.

Spanyol mengejutkan Italia di menit ke-80. Lewat kerjasama dengan Dani Olmo, Spanyol akhirnya menyamakan skor 1-1  lewat gol Alvaro Morata.

Hingga babak kedua berakhir, skor antara Italia lawan Spanyol masih 1-1. Pertandingan pun dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Perpanjangan waktu dibuka dengan tendangan bebas untuk Spanyol setelah pelanggaran oleh bek Italia, Toloi. Dani Olmo eksekusi free kick tapi umpannya melewati kepala Alvaro Morata di menit ke-92.

Spanyol mendapatkan peluang berlipat di menit ke-102. Pedri memberi umpan kepada Morata tapi bisa ditepis Donnarumma, bola jatuh ke kaki Llorente tapi tembakannya masih bisa diblok Bonucci. Skor 1-1 masih bertahan hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir.

Pada babak dua perpanjangan waktu, Berardi sempat membuat fans Italia bersorak di menit ke-110. Namun dia sudah terlanjur offside saat mendapatkan umpan dari Chiellini sehingga gol dianulir.

Hingga babak dua perpanjangan waktu berakhir, skor tetap bertahan 1-1 dan dilanjutkan ke adu penalti. Hingga akhirnya Italia berhasil mengalahkan Spanyol 4-2. Gli Azzuri pun melaju ke babak final Euro 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES