Olahraga

Italia vs Spanyol di Semifinal Euro 2020, El Matador Berpengalaman Jegal Gli Azzurri

Selasa, 06 Juli 2021 - 16:48 | 61.19k
Skuat inti Spanyol di Piala Eropa 2020 (Sumber foto: @euro2020)
Skuat inti Spanyol di Piala Eropa 2020 (Sumber foto: @euro2020)

TIMESINDONESIA, JAKARTASpanyol diprediksi tidak akan menjadi lawan yang enteng bagi Italia dalam semifinal Euro 2020 yang akan dilangsungkan di Stadion Wembley pada Rabu (7/7/2021) pukul 02.00 WIB dini hari.

Italia sendiri lebih diunggulkan dalam pertandingan itu lantaran menyandang status sebagai tim yang belum pernah terkalahkan sejak ditangani oleh Roberto Mancini.

Sedangkan, Spanyol kendati terseok-seok untuk bisa melaju ke babak semifinal mereka memiliki memori manis sembilan tahun silam saat berhadapan dengan Italia. Di Euro 2012 Spanyol mampu keluar sebagai juara setelah mengalahkan Italia dengan skor telak 4-0.

Memang rekor sembilan tahun itu tidak bisa dijadikan perbandingan lantaran sekarang Italia mampu menjadi kekuatan besar dengan tak terkalahkan di 32 pertandingan.

Skuat-inti-Spanyol-di-Piala-Eropa-v2.jpgSelebrasi tim Italia di Piala Eropa 2020 (Sumber foto: @euro2020)

Di bawah asuhan Mancini, Italia mengubah tradisi dengan kolaborasi yang pas antara pemain senior dan pemain muda.  Ketajaman di lini depan Italia juga patut untuk diperhitungkan, sejauh ini Gli Azzuri menorehkan 11 gol di Euro 2020.

Roberto Mancini sendiri cukup optimis saat menghadapi Spanyol, mereka memiliki resep jitu untuk mengatasi permainan Spanyol yang dikenal dengan gaya khas Tiki Taka.

"Spanyol menciptakannya (tiki-taka). Itu telah membawa mereka ke kesuksesan luar biasa dan mereka terus melakukannya dengan baik," jelasnya.

"Penguasaan kami sedikit berbeda. Kami orang Italia dan kami tidak bisa tiba-tiba menjadi Spanyol. Kami akan mencoba memainkan permainan kami sendiri," imbuh Roberto Mancini.

Terlepas dari rekor Italia itu, Spanyol memang berusaha mati-matian untuk mengalahkan Italia. Mereka memiliki ambisi  meraih juara Euro 2020 untuk kali keempat sekaligus menahbiskan diri sebagai  negara paling banyak meraih gelar Piala Eropa.

"Kami sangat bangga. Akan konyol untuk berpikir bahwa kami, atau semifinalis mana pun, akan menandatangani kontrak untuk sejauh ini sekarang, kami semua ingin mencapai final dan menang," kata pelatih Spanyol Luis Enrique.

Spanyol memang dianggap menunjukkan peforma kurang meyakinkan saat fase penyisihan. Namun mereka memperbaikinya dengan mengalahkan Slovakia 5-0 dan lolos. Di babak 16 besar, mereka kembali mencetak lima gol, meskipun butuh waktu tambahan untuk menghabisi Kroasia 5-3.

Di babak perempat final, mereka melewatkan sejumlah peluang, ditahan 1-1 oleh Swiss yang bermain dengan 10 orang. Tapi akhirnya lolos setelah menang 3-1 lewat babak perpanjangan waktu, Spanyol punya modal berharga untuk menghadapi Italia di semifinal Euro 2020. Anda menjagokan siapa?

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES