Tekno

Ingin Konten Instagram Lebih Menarik, Apa Saja Tipsnya?

Selasa, 06 Juli 2021 - 14:29 | 70.40k
Ilustrasi-konten Instagram.(Foto: Liputan6.com)
Ilustrasi-konten Instagram.(Foto: Liputan6.com)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Bagi Anda yang saat ini tengah memulai bisnis, sangat penting mengetahui tentang cara membuat konten media sosial hebat. Berikut adalah tips membuat konten Instagram agar lebih menarik

Membuat konten menarik juga memerlukan rancangan serta konsep yang sesuai dengan target audience. Bukan hanya sekadar untuk mendapatkan awareness dari khalayak saja.

Agar mendapatkan respon baik, pastikan konten tersebut sedang hype saat ini. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Posisikan informasi paling penting di awal caption

Penulisan caption ternyata juga memiliki pengaruh besar untuk memberikan daya tarik tersendiri kepada para pembacanya. Anda bisa menggunakan rumus AIDA yakni berupa attention, interest, desire, dan action. Ada banyak orang yang telah membuktikan keampuhannya utamanya para konten kreator.

Saat membuat awalan, Anda perlu membuat khalayak merasa penasaran hingga akhirnya mereka secara sukarela akan membaca atau melihat video sampai akhir. Dengan demikian pesan yang disampaikan akan dapat dipahami secara lebih baik oleh khalayak secara keseluruhan.

2. Jadwalkan postingan

Meski terdengar remeh, namun penjadwalan ini sangat penting untuk menjaga konsistensi dalam memposting suatu konten. Bahkan tidak jarang para konten creator harus memulai dari awal karirnya dalam bidang tersebut disebabkan jarang upload dan akhirnya kehilangan followersnya.

Guna menghindari akibat buruk ini, maka silakan menjadwalkan upload sesuai ketentuan yang telah Anda rencanakan. Bila perlu tulis dalam sebuah note atau ponsel dan berikan nada dering. Sebelumnya persiapkan konten sesuai keinginan baik berupa foto, video atau lainnya.

Bila perlu, pekerjakan orang dari jasa digital marketing untuk mengelola akun media sosial, membuat blog pribadi, branding, dan sebagainya, sehingga akan lebih efektif dan sesuai target.

3. Ajak target audience agar terlibat

Melibatkan khalayak sangat penting Anda lakukan untuk membuat mereka lebih tertantang dan tertarik menyimak penjelasan Anda hingga akhir.

Sebelumnya sangat penting untuk Anda menyusun konsep dan script yang ingin disampaikan secara terperinci guna menghindari kesalahan.

Konsep yang jelas bukan hanya diperlukan dalam pembuatan konten berupa visual, namun juga dalam hal tulisan. Sebagian besar orang cenderung tidak suka membaca panjang lebar apalagi jika penjelasannya terlalu berbelit. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri saat membuat caption.

4. Gunakan hastag

Cara membuat konten media sosial hebat berikutnya yaitu pengaplikasian tagar, sebab dinilai sangat efektif untuk meningkatkan viewer. Namun penggunaannya tidak boleh sembarang, dalam artian Anda harus memilih yang berhubungan dengan konten misalnya mengenai edukasi, hiburan, atau tutorial pembuatan suatu produk bisa menggambar, merajut, dan review.

Saat Anda menggunakan hastag, ada kemungkinan khalayak akan menemukan konten yang Anda buat. Sebelum menu tersebut menyimpan banyak karya orang lain. sistemnya yakni pengelompokan sesuai dengan tema besarnya yang bisa digunakan pada banyak platform.

5. Pertimbangkan jumlah karakter pada caption

Hampir semua media sosial memberikan pembatasan karakter saat menulis caption. Tujuan dari kebijakan ini salah satunya agar khalayak tidak terlalu lama menggunakan waktunya saat membaca satu postingan. Dengan demikian konten lainnya tetap bisa menarik perhatian para user.

Memperhatikan jumlah karakter saat menulis caption sangat penting karena sebagian besar masyarakat tidak suka membaca terlalu lama dan lebih menyukai penjelasan melalui audio visual. Untuk itu perlu memberikan kesan di awal penulisan untuk membuat khalayak penasaran.

6. Mention seseorang

Fitur mention sampai saat ini masih sering digunakan untuk menarik minat khalayak. Misalnya saja Anda menggunakan deskripsi seperti melihat karya saya lebih lengkap di seniku. Bila perlu lampirkan juga foto-foto yang diedit menggunakan opsi grid yakni dalam satu konten terdiri dari banyak gambar.

Banyaknya pesaing dalam bidang konten kreatif menuntut seseorang untuk selalu kreatif dan inovatif. Jika dalam keadaan misalnya kehabisan ide,silakan terapkan rumus ATM yaitu amati, tiru, modifikasi. Rumus ini sering digunakan baik para pemula atau ahlinya. Berikut keuntungannya:

Sebagai strategi branding yang dianggap paling efektif untuk meningkatkan viewers dan followers. Membuat sebuah akun lebih dikenal khalayak luas terutama yang tertarik dalam bidang tertentu. Mengefektifkan kinerja karena dalam sekali posting bisa mendapatkan banyak keuntungan sekaligus.

7. Adakan giveaway

Belakangan ini marak para konten kreator yang memberikan hadiah atau dikenal sebutan giveaway kepada para user. tentunya hal ini membuat target audience lebih suka dengan konten-konten Anda bahkan tidak jarang merekomendasikannya kepada sahabat atau keluarga.

Saat mengadakan giveaway Anda perlu memberikan persyaratan misalnya saja mention ke tiga teman. Teknik tersebut sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung sekaligus cara branding paling efektif. Agar khalayak lebih tertarik pastikan mengemas konten dengan konsep bagus.

Demikian tips cara membuat konten Instgaram yang perlu Anda ketahui. Terutama bagi para pemula. Selain kualitas, para konten kreator juga perlu memperhatikan faktor-faktor pendukungnya seperti penggunaan tagar dan rumus-rumus khusus.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES