Kuliner

Panna Cotta, si Manis dari Italia Pereda Stres kala Pandemi

Selasa, 06 Juli 2021 - 08:01 | 65.87k
Panna Cotta dengan saus stroberi. (Foto: Pinterest)
Panna Cotta dengan saus stroberi. (Foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTANgemil makanan manis bisa menyempurnakan hari dan membuat nyaman. Ini memang sudah dibuktikan secara sains. "Di saat mengonsumsi makanan manis, hormon serotonin meningkat. Ini membuat meningkatnya rasa nyaman sehingga stresnya turun," kata seorang nutrisionis dari Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD seperti dikutip dari National Geographic.

Berdasarkan fakta tersebut banyak orang mencari makanan yang bercita rasa manis karena dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh.

Untuk kalian yang di rumah, mungkin bisa mencoba membuat Panna Cotta, hidangan penutup manis dari Italia yang pastinya bisa memunculkan hormon serotonin.

Hidangan ini berupa krim manis kemudian dikentalkan dengan gelatin lalu dibentuk sesuka hati. Krim dari Panna Cotta memiliki aroma yang beragam seperti kopi, vanila, maupun perasa yang lainnya.

Untuk mempermudah mengenali Panna Cotta, hidangan ini berjenis pudding ketika dimakan jauh lebih creamy dan juga terasa padat.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 65 ml susu full cream, 4 lembar gelatin, 500 gr Whip Cream atau Heavy Cream, 100 gr gula pasir, 1 sendok teh ekstak vanila, 160 gr stroberi, 3 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan perasan jeruk lemon, 1 sendok makan air. Berikut langkah-langkah pembuatannya: 

1. Rendam gelatin bubuk dengan susu selama 5-10 menit. Masukkan Whip Cream, vanila, dan gula kedalam panci kemudian aduk dengan api kecil. Setelah mendidih, pastikan tidak ada gumpalan kecil. Ketika mendidih, diamkan hingga 5 menit dengan suhu paling tidak 60 derajat celcius. Kemudian angkat sbentar dari kompor sembari memasukkan gelatin dan susu yang sudah dihaluskan dan aduk rata.

2. Tuang adonan tersebut kedalam mangkuk kecil. Sebelum menuangnya, alangkah baiknya diukur terlebih dahulu supaya lebih mudah. Setelah dituang, tutup bagian atas menggunakan cling wrap plastik lalu simpan didalam lemari es hingga mengeras selama kurang lebih 6 jam. 

3. Untuk membuat saus stroberi, pertama cuci dan potong-potong stroberi dan gunakan buah yang lebih segar dan enak untuk rasa yang lebih dominan. Masukkan semuanya kedalam panci kecil, lalu masak dengan api kecil hingga mendidih. Masak selama kurang lebih 5 menit sambil menekan-nekan stroberi tersebut. 

4. Ketika sudah mendidih, tuangkan saus kedalam mangkuk. Kemudian ambil Panna Cotta yang telah mengeras dari dalam kulkas, letakkan ke sebuah piring sesuai ukuran yang telah disiapkan. Siram dengan saus stroberi yang telah agak mendingin. Panna Cotta siap dinikmati. 

Inilah resep Panna Cotta yang bisa dicoba di rumah untuk mengisi waktu luang selama pandemi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES