Peristiwa Daerah

Dalam Dua Hari, Banyuwangi Sumbang 16 Kasus Kematian Covid-19

Senin, 05 Juli 2021 - 19:27 | 34.92k
Ilustrasi - Invasi wabah Covid-19. (Grafis: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Invasi wabah Covid-19. (Grafis: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Angka penularan Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi terus meledak. Dalam dua hari belakangan ini, terdapat 16 kasus kematian dari pasien di dua RSUD di Banyuwangi.

Belasan pasien meninggal tersebut merupakan pasien yang dirawat di RSUD Blambangan dan RSUD Genteng dengan gejala penurunan kesehatan yang cukup buruk.

Dalam dua hari ini, di RSUD Blambangan, tercatat ada 11 pasien yang meninggal. Sedangkan di RSUD Genteng, ada 5 pasien meninggal.

“Kemarin ada 7 yang meninggal. Per siang ini sudah ada 4 pasien yang meninggal," kata dr. Indah saat dikonfirmasi wartawan, Senin (5/7/2021).

Menurut Indah, lonjakan kasus kematian di Banyuwangi ini membuat petugas pemulasaraan dan pemakaman jenazah kewalahan.

"Petugas jenazah sampai tengah malam. Pernah sampai (pukul) setengah satu malam, karena keluarga minta segera dimakamkan,” imbuhnya.

Sementara Humas RSUD Genteng, dr. Sugio Sastro mengungkapkan dalam seminggu terakhir, pasien meninggal di rumah sakit tersebut mencapai 2 sampai 3 kasus per hari.

“Hari ini ada 2 pasien meninggal. Dari Parijatah dan Yosomulyo. Kemarin ada 3, dari Curahjati, Tegalsari, dan Srono,” jelas dr Sugio.

Dalam satu pekan terakhir ini, angka kematian yang diakibatkan penularan Covid-19 di Banyuwangi cukup tinggi. Tidak hanya pasien dari dua RSUD saja, sejumlah rumah sakit rujukan lain juga menyumbang angka kematian yang signifikan.

“Seminggu terakhir ini, setiap hari ada pasien Covid-19 yang meninggal. Antara 2 sampai 3 pasien kasus hariannya. Ini yang di RSUD Genteng saja. Belum yang di rumah sakit Al-Huda dan Graha," paparnya.

Dilansir dari laman Covid-19 Pemprov Jatim, per tanggal 5 Juli 2021 ini, tercatat sebanyak 7.728 warga Banyuwangi yang terpapar virus. Sebanyak 541 orang diantaranya masih belum sembuh, 748 lainnya sudah meninggal.

Di Kabupaten Banyuwangi sendiri, angka kesembuhan Covid-19 mencapai 83,32 persen. Sedangkan rasio kematian yang diakibatkan 9,68 persen. Di Jatim sendiri, Banyuwangi dan Bondowoso sudah berstatus zona merah atau daerah beresiko tinggi menularkan virus mematikan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES