Peristiwa Daerah

Angka Pengangguran di Ponorogo Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Senin, 05 Juli 2021 - 13:26 | 40.31k
Ilustrasi - Seorang pencari kerja mengisi pendaftaran di salah satu stand perusahaan saat bursa kerja (Foto: antarafoto)
Ilustrasi - Seorang pencari kerja mengisi pendaftaran di salah satu stand perusahaan saat bursa kerja (Foto: antarafoto)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Angka pengangguran di Ponorogo, Jawa Timur mengalami kenaikan akibat pandemi Covid-19. Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Ponorogo, Bedianto mengatakan, pada tahun 2020 tingkat pengangguran terbuka di Ponorogo mencapai 4,45 persen.

Sedangkan pada tahun 2019 tingkat pengangguran Ponorogo  berada di angka 3,5 persen.

"Pandemi Covid-19 ini membuat angka pengangguran kita naik sedikit," kata Bedianto Senin (5/7/2021).

Menurutnya, salah satu penyebabnya karena banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang gagal berangkat. Namun begitu Bedianto pun mengklaim angka pengangguran terbuka Ponorogo masih d ibawah dari Provinsi Jatim.

"Jika tingkat pengangguran terbuka Ponorogo mencapai 4,45 persen, tingkat pengangguran terbuka Jawa Timur 5,17 persen," ulasnya.

Meskipun begitu Pemkab Ponorogo tetap berusaha menekan agka pengangguran terbuka agar semakin kecil, salah satu caranya menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan di luar Ponorogo.

"Tujuannya agar tenaga kerja yang baru lulus sekolah bisa langsung bekerja. Misalnya dengan pabrik garmen di Boyolali, Tangerang dan lainnya," jelas Bedianto.

Pihak Disnaker Ponorogo kini juga mengupayakan agar bursa kerja yabg bekerjasama dengan sejumlah perusahaan bisa masuk sekolah di Ponorogo.

"Dengan upaya tersebut, kami berharap bisa menekan angka pengangguran terbuka di Ponorogo," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Ponorogo, Bedianto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES