News Commerce Indonesia Bangkit

Menyantap Buntut Bakar Empal Gentong Ditemani Sejuknya Udara Tirta Sanita Resort Kuningan

Senin, 05 Juli 2021 - 04:18 | 57.32k
Buntut bakar empal gentong, menu tradisional khas Cirebon yang disajikan oleh Tirta Sanita Resort Kuningan. Foto-foto: Tirta Sanita Resort fo TIMES Indonesia)
Buntut bakar empal gentong, menu tradisional khas Cirebon yang disajikan oleh Tirta Sanita Resort Kuningan. Foto-foto: Tirta Sanita Resort fo TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, KUNINGANTirta Sanita Resort Kuningan, Jawa Barat, berupaya untuk turut serta melestarikan kuliner tradisional Indonesia yang terkenal lezat dan beragam. Salah satunya buntut bakar empal gentong.

Menu hasil inovasi Chef Bayu Topandas sebagai executive chef di Tirta Sanita ini, diilhami dari empal gentong Cirebon.

“Menu (buntut bakar empal gentong) ini merupakan kolaborasi antara buntut bakar dengan saus empal gentong yang kaya akan citarasa dan terasa mewah menggoda,” kata Bayu.

Buntut bakar empal gentong a

Dia menjelaskan, empal gentong bagi sebagian besar orang merupakan kuliner yang tidak asing lagi terutama bagi masyarakat Cirebon dan sekitarnya.  

“Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Bahan yang digunakan adalah usus, babat, dan daging sapi,” jelas dia.

Bayu menambahkan bahwa suatu kebanggaan dapat menyajikan menu tersebut dikarenakan memang dasarnya sudah terkenal. Selain itu, kuliner ini menjadi salah satu menu terbaik dari Jawa Barat, khususnya dari Cirebon dan sekitarnya.

“Dari segi penampilan, buntut bakar empal gentong ini sangat menggugah selera. Disajikan bersama nasi putih hangat dan sangat nikmat apabila disantap dengan ditemani dengan tempe goreng dan emping melinjo,” papar Bayu.

Menurut Bayu, makanan tradisional menjadi kebanggaan akan daerah kelahirannya. Maka, bisa dikatakan bahwa makanan tradisional merupakan hidangan yang resepnya diwariskan secara turun-temurun atau telah dikonsumsi bertahun-tahun. 

Karena itu, Bayu melanjutkan, upaya turut serta melestarikan kuliner tradisional Indonesia juga dilakukan Tirta Sanita Resort Kuningan dengan menampilkan menu-menu khas Nusantara tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES