Peristiwa Internasional

Sejarah Hari Ini: 4 Juli, Keajaiban Yunani di Panggung Euro 2004

Minggu, 04 Juli 2021 - 14:45 | 202.70k
Kapten Yunani Thedoros Zagorakis mengangkat tropi Piala Eropa. Yunani juata Piala Eropa 2004 usai menang 1-0 atas tuan rumah Portugal di partai final 4 Juli 2004. (foto: uefa)
Kapten Yunani Thedoros Zagorakis mengangkat tropi Piala Eropa. Yunani juata Piala Eropa 2004 usai menang 1-0 atas tuan rumah Portugal di partai final 4 Juli 2004. (foto: uefa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Publik pecinta sepakbola masih menfokusan mata pada panggung Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 yang saat ini telah masuk babak semifinal. Untuk itu, sejarah hari ini kembali mengulas peristiwa menarik yang terjadi di ajang olahraga paling populer sejagat ini. Untuk edisi kali ini, akan menampilkan kisah heroik Yunani memenangi Piala Eropa 2004 atau Euro 2004 usai menang atas Portugal dalam partai yang digelr di Lisbon pada 4 Juli 2004.

Masih dari panggung sepakbola, pada 4 Juli 1954, Jerman Barat meraih Piala Dunia usai menang atas Hungaria. 4 Juli juga mencatat beberapa peristiwa penting lainnya, seperti deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat dan Soekarno mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia). Berikut ulasannya.

2004: Yunani Juara Piala Eropa 2004

Piala Eropa 2004Timnas Yunani menciptakan sejarah dengan menjadi juara Piala Eropa 2004 usai menang 1-0 atas Portugas di laga final 4 Juli 2004. (foto: uefa)

Sepakbola kerap menampilkan cerita kejutan. Seperti yang terjadi di Piala Eropa 2004 atau Euro 2004. Yunani yang tak pernah diperhitungkan mampu menyingkirkan tim-tim besar seperti juara bertahan Prancis dan Rep ceko di babak semifinal.

Yunani meraih gelar internasional pertamanya usai menang 1-0 atas tuan rumah Portugal yang saat itu menjadi favorit kuat dan diperkuat oleh pemain terbaiknya, Cristiano Ronaldo. Gol kemenangan Yunani dalam laga final di Stadion Estadio da Luz, dicetak melalui sundulan Angelos Charisteas di menit 57.

Sebelum partai final, Yunani sudah membuat kejutan dengan menang 2-1 atas Portugal di fase grup, yakni di laga pembuka Euro 2004

Kesuksesan Yunani kian lengkap setelah kapten mereka, Thedoros Zagorakis, ditunjuk sebagai pemain terbaik Euro 2004. Lima pemain mereka juga masuk dalam Tim Terbaik turnamen.

"Ini adalah pencapaian luar biasa untuk sepakbola Yunani dan khsususnya sepakbola Eropa. Kami mengambil keuntungan dari kesempatan kami. Lawan lebih baik secara teknik ketimbang kami, tapi kami begitu efektif. Yunani membuat sejarah dalam sepakbola. Ini adalah sensasi," kata Otto Rehhagel, pelatih Timnas Yunani.

1954: Jerman Barat Juara Piala Dunia

Fritz WalterKapten tim Jerman Barat Fritz Walter, memegang tropi Jules Rimet trophy, usai memenangi Piala Dunia 1954 di Swis. Di partai final, Jerman Barat menang 3-2 atasu Hungaria. (foto: dpa picture alliance/Alamy)

Piala Dunia 1954 yang berlangsung di Swiss menjadi panggung kekuatan Jerman Barat. Sebagai peserta baru di ajang Piala Dunia, Jerman Barat tampil perkasa dan langsung membuktikan diri sebagai juara.

Di final, Jerman Barat berhasil membalikkan keadaan saat tertinggal dua gol dari Hongaria. Gol penentu kemenangan 3-2 akhirnya dicetak Helmut Rahn jelang pertandingan usai.

Secara total, Jerman telah meraih gelar juara dunia empat kali, yakni pada 1954, 1974, 1990, dan 2014.

1927: Soekarno Dirikan PNI

Partai Nasional IndonesiaPartai Nasional Indonesia. (FOTO: Wikipedia)

Partai Nasional Indonesia atau dikenal juga PNI adalah partai politik tertua di Indonesia. Partai ini didirikan pada 4 Juli 1927 dengan nama Perserikatan Nasional Indonesia di Bandung.

Ada tujuh orang yang dianggap terlibat dalam pendirian PNI, yakni  Ir. Soekarno (Ketua), Dr. Tjipto Mangunkusumo, Mr. Budhyarto Martoatmodjo, Mr. Iskak Tjokroadisurjo (Sekretaris/Bendahara), Dr. Samsi Sastrowidagdo (Anggota), Mr. Sartono (Anggota), Mr. Sunario (Anggota), Ir. Anwari (Anggota).

Dalam perkembangannya, PNI dianggap membahayakan Belanda karena menyebarkan ajaran-ajaran pergerakan kemerdekaan. Pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 29 Desember 1929 melakukan penangkapan terhadap tokoh-tokoh PNI di Yogyakarta seperti Soekarno, Gatot Mangkupraja, Soepriadinata dan Maskun Sumadiredja. Para tokoh PNI kemudian dipenjara di Lapas Sukamiskin.

Pada 1931, Soekarno memilih keluar dan membubarkan PNI dan membentuk Partindo pada tanggal 25 April 1931. Sementara Mohammad Hatta membentuk PNI-Baru.

Dalam catatan sejarah, PNI memenangkan Pemilihan Umum 1955. Kemudian PNI bergabung dengan empat partai peserta pemilu 1971 lainnya membentuk Partai Demokrasi Indonesia.

1776: Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

kemerdekaan amerikaILUSTRASI - Kemerdekaan Amerika Serikat. (FOTO: Getty Images/iStockphoto)

4 Juli 1776, menjadi hari yang bersejarah bagi rakyat Amerika Serikat karena menjadi hari deklarasi Kkemerdekaan Amerika Serikat. Deklarasi tersebut mengumumkan pemisahan 13 koloni Inggris Amerika Utara dari Britania Raya.

Deklarasi Kemerdekaan Amerika ini di tanda tangani oleh Thomas Jefferson.

Isi Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat sebagai berikut: "Kami menganggap kebenaran-kebenaran ini mutlak, bahwa semua orang diciptakan sama, bahwa mereka oleh Tuhan dikaruniai beberapa hak tertentu yang tak dapat diganggu gugat, bahwa di antaranya ialah hidup, kemerdekaan, dan usaha mencapai kebahagiaan. Bahwa untuk melindungi hak-hak itu, pemerintah harus didirikan oleh orang-orang yang menerima kekuasaannya dengan persetujuan mereka yang diperintah, bahwa manakala suatu pemerintah justru merusak tujuan-tujuan ini, maka adalah hak rakyat untuk mengubah atau menghapusnya, dan mendirikan suatu pemerintahan baru." (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES