Indonesia Positif

Ini Upaya Guru Penggerak Cilacap Hidupkan Literasi Siswa Desa

Sabtu, 03 Juli 2021 - 23:55 | 70.50k
Setya Giyanti calon Guru Penggerak Cilacap hidupkan literasi siswa desa dengan budayakan membaca (FOTO : Heni PGRI for TIMES Indonesia)
Setya Giyanti calon Guru Penggerak Cilacap hidupkan literasi siswa desa dengan budayakan membaca (FOTO : Heni PGRI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Setya Giyanti, calon Guru Penggerak dan pengajar di SD Negeri 04 Sarwadadi Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, Sabtu (3/7/2021) mengajak siswanya belajar di pos ronda desa setempat.

Tampak puluhan siswanya, yang selama pandemi Covid-19, belajar dari rumah begitu antusias mengikuti pembelajaran dari gurunya, tentunya dengan mematuhi  protokol kesehatan. Semuanya memakai masker.

Hari itu, Setya menenteng sebuah tas besar yang disebutnya Tali Cica, yang merupakan akronim dari "Tas Keliling Cintai Membaca" yang isinya tidak lain adalah buku - buku bacaan atau buku pelajaran.

"Selama pandemi, saya berkeliling ke kelompok-kelompok belajar di sekolah  dengan membawa tas ini. Harapannya dapat meningkatkan minat baca siswa dan menjadi budaya positif, membaca menjadi hobi anak-anak," harap Setya.

Untuk memenuhi koleksi buku yang ada pada Tali Cica, Setya menggandeng Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap dan juga buku koleksi pribadi serta bantuan rekan sejawat.

Setya Giyanti calon Guru Penggerak Cilacap a

Setya berharap ke depan banyak pihak yang bisa memberikan bantuan buku bacaan untuk menunjang program yang dijalankannya.

Kepala SDN 04 Sarwadadi Sri Murtini mendorong penuh apa yang dilakukan oleh gurunya. "Memang harus jemput bola untuk membudayakan literasi," katanya salut.

Inovasi Tali Cica, tambah Sri, pas untuk diterapkan di daerah pedesaan seperti Desa Sarwadadi.  Apalagi akses terhadap buku di sekolahnya sangat terbatas.

Kemudian untuk ke perpustakan daerah, harus ke kota dan jaraknya cukup jauh. "Toko buku juga tidak ada. Tali Cica saya pikir perlu ditiru wilayah lain. Memang gurunya cukup repot, tapi inilah perjuangan pendidikan" ujar Sri Murtini.

Setya Giyanti calon Guru Penggerak Cilacap b

Salah satu siswa SDN 04 Sarwadadi Diva Syahrini, mengaku senang setiap kali gurunya datang dengan Tali Cica, menurutnya selalu ada buku baru yang bisa ia baca.

"Karena bukunya terbatas, kita bacanyapun bergantian. Tapi tetap menyenangkan, dengan membaca saya bisa tahu banyak tentang banyak hal," kata Diva SD Negeri 04 Sarwadadi Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Jawa Tengah (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES