Gaya Hidup UIN Malang

5 Hal yang Perlu Disiapkan Ketika akan Jadi Istri

Minggu, 04 Juli 2021 - 05:02 | 92.78k
Ilustrasi pasangan suami istri. (jovee.id)
Ilustrasi pasangan suami istri. (jovee.id)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menjadi seorang istri ideal adalah impian banyak perempuan. Untuk menjadi istri ideal, perempuan harus mempersiapkan beberapa hal. Berikut lima hal yang perlu disiapkan perempuan ketika akan menjadi istri ala Dosen Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si, Sabtu (3/7/2021).

Rifa-Hidayah.jpgDosen Psikologi UIN Maliki Malang, Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

1. Persiapan Mental

Seorang Istri harus bisa mempersiapkan mentalnya untuk menerima keluarga dari suaminya. Adapun yang perlu disiapkan yaitu bagaimana cara berkomunikasi dan bergaul dengan keluarga pasangan. Hal ini sangat penting, karena pernikahan bukan hanya menyatukan pasangan tetapi juga keluarga pasangan.

2. Persiapan Komitmen

Sebelum menjadi seorang istri perlu dipersiapkannya komitmen komunikasi yang baik dengan calon suami. Adapun hal kecil yang memperlukan komitmen yaitu kesepakan tinggal usai menikah. Apakah akan tinggal dengan mertua, mandiri dengan sewa rumah, atau bangun rumah.

3. Manajemen Keuangan

Pintar dalam memanajemen keuangan atau ekonomi perlu di persiapkan ketika akan menjadi orang istri. Hal ini penting agar istri dapat menjadi manajer keuangan yang baik. Istri harus mampu mengatur keuangan rumah tangga dengan baik. Seberapa uang yang diberikan nafkah oleh suami harus dikelola dengan cukup oleh istri.

4. Pembiasaan Diri dengan Hal Baru

Sebelum menjadi istri, kamu harus menyiapkan pembiasaan diri dengan hal baru usai menikah. Misal, yang mulanya suka bangun kesiangan harus mulai bangun pagi untuk memasak. Atau mungkin, pembiasaan diri dengan kondisi pasangan yang memiliki karakter pendiam atau ceria.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

5. Sifat Keterbukaan

Sebelum menjadi seorang istri, kamu harus mulai menanamkan sifat terbuka dengan pasangan. Suami dan istri harus membangun hubungan keterbukaan satu sama lain agar keharmonisan rumah tangga dapat berjalan dengan baik. Misalnya dalam membangun visi pernikahan seperti apa yang dicapai.

Itulah lima hal yang perlu disiapkan ketika akan menjadi seorang istri ala Dosen Psikologi UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES