Ekonomi

Dewani Agrofood Jadikan Sayuran Sebagai Media Edukasi dan Terapi

Sabtu, 03 Juli 2021 - 17:15 | 57.99k
 Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memetik sawi pagoda jenis sayuran dari Jepang.  (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memetik sawi pagoda jenis sayuran dari Jepang. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Trend berkebun yang sedang booming di tengah masyarakat. Mulai dilirik oleh pengelola obyek wisata sebagai peluang bisnis  Melalui perpaduan sektor wisata, pertanian dan pendidikan. Salah satunya oleh Dewani Agrofood dengan membuka wahana wisata kebun inspirasi. 

Tampil sedikit berbeda, karena berada di kawasan perkotaan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kebun yang berlokasi di sebelah barat komplek perkantoran Pemkab Bantul Mamding ini juga menyajikan sesuatu yang berbeda bagi pengunjung. Salah satunya berupa inspirasi.

tanaman sayuran bSeorang pengunjung berada di salah sstu spot tanaman sayuran. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

Di atas lahan seluas 1,4 Hektare ini ditanam beragam sayuran. Termasuk sayuran yang biasanya hanya dapat tumbuh di dataran tinggi. Tidak sekedar ditanam, tapi ditata sehingga terlihat indah. Sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk menanam sayuran di pekarangan rumah. 

"Langkah ini diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam program ketahanan pangan" jelas Dyah Heningtyas Noviani selaku pengelola Dewani Agrofood saat ditemui Sabtu (3/7/2021).

Tidak sekedar memberikan inspirasi, pengunjung juga dapat belajar teknik menanam sayuran hingga terlihat cantik. Sehingga wahana ini sesuai bagi ASN yang ingin memiliki kesibukan produktif setelah pensiun. Atau generasi milenila yang ingin berkebun tapi tidak membosankan.

Bahkan kegiatan berkebun di Dewani Agrofood dapat menjadi terapi bagi anak berkebutuhan khusus. Dikenal.dengan terapi okupansi, melalui kegiatan berkebun akan melatih kemandirian anak - anak tersebut. Seperti menanam selada secara hidroponik yang relatif mudah dilakukan oleh mereka. 

Dewani Agrofood secara resmi dibuka Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. Pada kesempatan tersebut Bupati Bantul memberikan aprsesiasi. Atas upaya memberikan edukasi kepada masyarakat. Sehingga dapat menjalankan kegiatan pertanian berbasis teknologi. 

Sebab sebagian petani di Bantul saat ini, masih melakukan kegiatan secara tradisional. Dengan sentuhan teknologi diharapkan dapat meningkatkan produktivitasnya dan sektor pertanian dapat terus menjadi penyumbang kemajuan daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES