Peristiwa Daerah

Sang Putra Oksigen Indonesia, Bos Samator Group Arief Harsono Tutup Usia

Sabtu, 03 Juli 2021 - 10:54 | 145.89k
Arief Harsono dalam sebuah perjumpaan dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (FOTO: dok. Hermanto Tanoko)
Arief Harsono dalam sebuah perjumpaan dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (FOTO: dok. Hermanto Tanoko)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kabar duka menyelimuti dunia usaha Indonesia. Semalam, pukul 21.30 Arief Harsono bos Samator Group menghembuskan napas terakhirnya di di RS Adi Husada Surabaya. Sebagai bentuk penghormatan, TIMES Indonesia menggelari Arief sebagai Putra Oksigen Indonesia.

Perjuangannya merintis Indonesia mandiri produksi oksigen patut menjadi kebanggaan. Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN belum lama ini juga pernah menuliskan tentang kiprah Arief Harsono.

"Berkat kegigihannya kita sudah mandiri di bidang oksigen. Sudah menjadi raja di negeri sendiri. Beberapa perusahaan asing justru kalah: tidak mampu bersaing dengan oksigen Samator. Bahkan ada perusahaan asing yang memilih tutup," tulis Dahlan Iskan.

Kemampuan produksi oksigen Samator mencapai 800 juta ton per tahun. Angka tersebut masih akan meningkat dengan dibukanya pabrik baru di Surabaya. Total, Samator telah memiliki 48 pabrik oksigen di seluruh penjuru Nusantara.

Arief Harsono bpotret Arief Harsono, bos Samator Group tampak gagah mengenakan setelan jas. (FOTO: dok. Hermanto Tanoko)

Belakangan di tengah pandemi Covid-19 yang semakin menggila, Arif lah yang berjuang memasok oksigen ke banyak rumah sakit. Bahkan ia membangunkan tangki-tangki penampungan, sehingga oksigen cukup dikirim dalam bentuk cair.

Upaya inilah yang menyelamatkan Indonesia dari kelangkaan tabung oksigen seperti di India. Ketangkasan Arif Harsono dalam berkarya untuk negeri memang tak perlu diragukan lagi.

Hal tersebut membuat banyak pihak mempercayainya sebagai pucuk pimpinan organisasi. Selain aktif memimpin Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Jatim, terbaru pada akhir bulan Juni lalu ia diminta menahkodai Forum CSR (Corporate Social Responsibility) Jawa Timur.

Forum tersebut berada langsung di bawah koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jatim, bertugas membantu mengentaskan permasalahan sosial seperti kemiskinan, pendidikan, dan lingkungan lewat sektor usaha.

"Untuk itu, kami keluarga besar Forum CSR Jatim menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Bapak Arief Harsono (Samator Group)," ungkap Kiagus Firdaus, Tenaga Ahli Bappeda Jatim sekaligus Koordinator Forum CSR berduka atas kepergian sang Putra Oksigen Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES