Olahraga

Italia Ikuti Jejak Spanyol ke Semifinal Euro 2020 Usai Kalahkan Belgia

Sabtu, 03 Juli 2021 - 05:13 | 33.33k
Giovanni Di Lorenzo dari Italia beraksi dengan Jeremy.(FOTO :Reuters)
Giovanni Di Lorenzo dari Italia beraksi dengan Jeremy.(FOTO :Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTAItalia-lah yang berkuasa setelah dalam perempat final Euro 2020 yang sengit di Allianz Arena. Mereka menundukkan Belgia 2-1, Sabtu (3/7/2021) dini hari tadi.

Di semifinal, Italia akan berhadapan dengan Spanyol yang lebih dulu melaju setelah mengalahkan Swiss lewat adu pinalti.

Pertandingan Italia vs Belgia, seperti dilansir BBC, mungkin bukan pesta gol seperti beberapa pertandingan babak 16 besar. Tetapi itu adalah pertarungan sengit antara dua tim raksasa yang memainkan sepak bola fantastis.

Italia boleh dibilang tim terbaik di turnamen sejauh ini, sementara Belgia adalah tim peringkat teratas dunia.

Dua gol Azzurri yang membawa tim meraih 13 kemenangan beruntun dan 32 pertandingan tanpa kekalahan adalah kualitas tertinggi.

Nicolo Barella melewati tiga pemain bertahan sebelum mencetak gol pembuka dan Lorenzo Insigne berlari dari garis tengah sebelum melepaskan tendangan melengkung di salah satu gol perhelatan itu.

Belgia diberi harapan di penghujung babak pertama ketika Giovanni di Lorenzo melanggar Jeremy Doku dan Romelu Lukaku mencetak gol penalti.

Kedua belah pihak memiliki peluang untuk mencetak gol lagi di babak kedua yang terengah-engah tetapi tanpa gol. Namun Azzurri yang lolos.

Pasukan Roberto Mancini menghadapi Spanyol di Wembley pada hari Selasa tetapi mereka mungkin harus melakukannya tanpa bek kiri yang mengesankan Leonardo Spinazzola, yang keluar dengan tandu di akhir pertandingan.

Italia melaju melalui grup mereka dengan tiga kemenangan, tanpa kebobolan gol, tetapi semuanya terjadi di kandang, di Roma, Italia.

Tapi mereka kurang meyakinkan dalam pertandingan babak 16 besar melawan Austria di Wembley, membutuhkan waktu tambahan untuk menang 2-1. Hasil di Jerman ini bagaimanapun mungkin yang terbaik dari rekor tak terkalahkan hampir tiga tahun mereka dan juga yang paling penting.

Menit-menit awal yang berat dan Leonardo Bonucci dibundel di awal, tetapi gol dianulir oleh asisten wasit video karena offside. Gianluigi Donnarumma membuat beberapa penyelamatan yang manis menjaga level mereka sebelum Insigne memotong ke dalam dan melepaskan tendangan melengkung yang melebar.

Pembuka mereka datang saat Belgia mencoba bermain keluar dari pertahanan dan Marco Verratti menemukan Barella, yang melepaskan tembakan setelah beberapa gerak kaki yang indah.

Insigne kemudian mencetak gol menakjubkan untuk mengubah skor menjadi 2-0 saat ia mengambil bola di lini tengah dan memotong ke dalam sebelum melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak.

Mereka tampak nyaman pada tahap itu tetapi kemudian Di Lorenzo melanggar Doku dan Lukaku memberi harapan bagi Belgia.

Tim asuhan Mancini memiliki peluang setelah turun minum - meskipun tidak sebanyak Belgia - dengan Spinazzola, Federico Chiesa dan Insigne semuanya nyaris.

Momen yang mengakhiri hari mereka,  dan sepak bola Italia pada umumnya, tiba ketika Spinazzola memblok tembakan Lukaku dan Bonucci serta kapten Giorgio Chiellini, yang kembali dari cedera, merayakan bersamanya seolah-olah itu adalah pemenangnya.

Italia sekarang difavoritkan pada Semifinal Euro 2020 melawan Spanyol dan pertandingan akan digelar di London, Inggris, Minggu depan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES