News Commerce Indonesia Bangkit

Tari Kreasi Sanggar Mardi Budoyo Probolinggo Rutin Sambut Turis dari Mancanegara

Kamis, 01 Juli 2021 - 16:17 | 62.60k
Anggota Sanggar Mardi Budoyo bersama tamu mancanegara saat berkunjung di Kota Probolinggo, (Foto-foto: Sanggar Mardi Budoyo for TIMES Indonesia)
Anggota Sanggar Mardi Budoyo bersama tamu mancanegara saat berkunjung di Kota Probolinggo, (Foto-foto: Sanggar Mardi Budoyo for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOSanggar Mardi Budoyo adalah sanggar yang mempunyai banyak kreasi dalam tarian dan karawitannya. Hampir setiap bulan sanggar ini selalu menyambut tamu dari turis mancanegara dengan tarian kreasi yang menjadi andalan Kota Probolinggo.

“Dari tarian kreasi sanggar kami, turis asing dapat menilai bahwa kesenian yang ada di Kota Probolinggo tidak mati begitu saja. Pemuda-pemudi sanggar kami sangat senang dapat memperkenalkan budaya asli Indonesia,” kata pelajar yang juga anggota Sanggar Seni Mardi Budoyo, David Iswantoro,  Kamis (1/6/2021).

Sanggar Mardi Budoyo 2

Menurut David, penyambutan turis asing sudah rutin dimulai sejak 2014. Paket tarian yang ditawarkan sanggar yang berlokasi di Jalan Juanda, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo ini yaitu penyambutan dari Pelabuhan Tanjung Tembaga hingga Museum Kota Probolinggo.

Tentunya, lanjut David, diharapkan setiap kapal pesiar yang memuat turis mancanegara berkunjung ke Kota Probolinggo bisa juga belajar tentang kesenian khas Probolinggo.

Penari Sanggar Mardi Budoyo

“Kedatangan (kapal pesiar) ini mengindikasikan banyak hal. Yaitu Kota Probolinggo aman dan nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan asing. Berbagai jenis kapal pesiar berkunjung untuk menikmati keindahan dan kesenian Kota Probolinggo,” jelas dia.

Harapannya, kata Davis, ke depan Kota Probolinggo akan sering dikunjungi oleh wisatawan untuk city tour. Dengan semakin banyaknya wisatawan pesiar yang datang, menjadikan kesempatan Sanggar Mardi Budoyo menampilkan tarian kreasi barunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES