Peristiwa Internasional

Kabar Gembira, Pemkab Klaten Buka 2572 Lowongan PPPK Formasi Guru

Jumat, 02 Juli 2021 - 09:55 | 43.70k
Ilustrasi PPPK Formasi Guru (foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Ilustrasi PPPK Formasi Guru (foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

TIMESINDONESIA, KLATEN – Ada kabar gembira bagi ribuan tenaga honorer guru di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pada Juli ini, Pemkab Klaten membuka sebanyak 2.572 lowongan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) formasi guru.

Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pemkab Klaten Tamtama  mengatakan, pengumuman pengadaan PPPK dan CPNS ini diunggah pada laman https://klatenkab.go.id/pengumuman-casn-2021-pemerintah-kabupaten-klaten. Hingga saat ini, sudah ada 18.000 kali pengunduhan.

Lowongan tersebut tertuang dalam Pengumuman Bupati Klaten Nomor 811/2101/29 tentang Pengadaan PPPK Tenaga Guru dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kabupaten Klaten 2021 pada tanggal 30 Juni 2021.

“Pelaksanaan seleksi calon aparatur sipil negara PPPK Tenaga Guru ini dilakukan serentak bersamaan dengan seleksi CPNS.  Jadi, pendaftaran secara on line melalui laman resmi Badan Kepegawaian Negara di alamat https//sscasn.bkn.go.id. Pengumuman daerah bekerja sama dengan Dinas Kominfo Klaten sebagai pengelola klatenkab.go.id,” kata Tamtama, Jumat (2/7/2021).

Tamtama menambahkan, PPPK formasi tenaga guru terdiri dari beberapa kriteria. Nantinya, seleksi administrasi atau filter pertama tetap dari Kementerian Pendidikan Pusat.

Sesuai pengumuman resmi PPPK formasi tenaga guru ini terdiri dari empat kriteria. Yakni, tenaga honorer eks Kategori II sesuai database tenaga honorer eks K-II BKN. Kedua adalah guru honorer yang aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah  Kabupaten Klaten dan terdaftar di Dapodik Kemndikbudristek. Ketiga, guru bukan ASN yang mengajar di sekolah swasta dan terdaftar di Dapodik Kemndikbudristek.

“Terakhir adalah lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di database Pendidikan Profesi Guru Kemndikbudristek. Yang perlu dicatat filter PPPK ada di Kementerian Pendidikan Pusat,” tegas Tamtama.

Selain membuka lowongan 2.572 PPPK formasi tenaga guru, Pemkab Klaten juga membuka lowongan 154 CPNS. Pendaftaran dilakukan secara on line melalui laman resmi Badan Kepegawaian Negara di alamat https//sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran dimulai 1 Juli dan berakhir 21 Juli 2021. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES