Peristiwa

Tim Dosen UIN Maliki Malang Gelar Pelatihan Edupreneurship pada Guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Batu

Selasa, 29 Juni 2021 - 22:53 | 119.25k
Tim UIN Mengabdi saat memberikan sambutan. (Foto: Mahasiswa UIN Malang for TIMES Indonesia)
Tim UIN Mengabdi saat memberikan sambutan. (Foto: Mahasiswa UIN Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau UIN Maliki Malang menggelar pengabdian masyarakat. Yaitu berupa pelatihan pembuatan video pembelajaran guna memanfaatkan monetisasi pada platform YouTube kepada guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-kota Batu.

Ada pun dosen yang tergabung dalam program UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah dan Moderasi Agama, terdiri atas Dr. H. Abdul Bashith, M.Si., sebagai ketua, dengan anggota Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si., Dr. H. Ali Nasith, M.Si., Waluyo Satrio Adji, M.Pd.I.

Ketua UIN Mengabdi Qaryah Thoyyibah, Abdul Bashith mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak signifikan kepada guru madrasah ibitidaiyah, khususnya aspek ekonomi seperti berita yang beredar di media massa. Maka itu, wawasan bertajuk Pembibitan Jiwa Edupreneurship diberikan kepada guru madrasah ibtidaiyah se-Kota Batu.

uin bWorkshop pembuatan dan pengunggahan konten pembelajaran pada YouTube. (Foto: Mahasiswa UIN Malang for TIMES Indonesia)

"Pengabdian ini sebagai jawaban bahwa ada peluang pada setiap kesulitan yang tengah kita alami," ujar Abdul Bashith.

Tidak hanya itu, tim dosen tersebut juga mengimbau para guru untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat guna mencegah penularan virus Covid-19. Yakni meliputi 5 M, mulai memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Kita harus tetap berhati-hati dan tidak lengah dalam menyelenggarakan acara pengabdian, oleh karena itu acara dibagi menjadi 2 kegiatan secara daring dan luring sesuai protokol kesehatan," jelas Kordinator UIN Mengabdi, Waluyo satrio Adji kepada TIMES Indonesia, Selasa (29/6/2021).

Dikatakan lebih lanjut, kegiatan pertama digelar secara daring pada 24-25 Mei 2021. Giat itu diawali workshop pembuatan video pembelajaran dengan narasumber Moh. Miftakhur Rokhman, M.Kom (Dosen ITN Malang). Kemudian untuk pengunggahan hasil video ke platform YouTube dibimbing oleh M. Wahyuzi, S.Ag, M.Pd (youtubers dan staf mikwa UIN Antasari Banjarmasin).

uin cPenyerahan penghargaan kepada para guru Madrasah Ibtidaiyah pembuat video pembelajaran. (Foto: Mahasiswa UIN Malang for TIMES Indonesia)

Kegiatan kedua dilaksanakan secara luring di MI Miftahul Ulum Kota Batu pada 29 Juni 2021, sebagai bentuk evaluasi pada kegiatan pertama dan dilanjutkan pemberian penghargaan kepada guru yang telah membuat video pembelajaran. Tak hanya tim dosen, mahasiswa UIN Maliki Malang atas nama M. Ali Mashuri, M. Bahrul Ulum, dan Erdin Putra Pratama juga turut berpartisipasi. Acara pengabdian masyarakat tersebut pun mendapat apresiasi dari Suparsi selaku Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES