Metatimes

Lima Cara Menghindari Investasi Kripto Bodong Menurut Satgas Waspada Investasi

Selasa, 29 Juni 2021 - 09:33 | 38.47k
Para Zipmex Troops Indonesia (FOTO : Helinsa for TIMES Indonesia)
Para Zipmex Troops Indonesia (FOTO : Helinsa for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tongam L. Tobing mengatakan mulai akhir tahun 2020 hingga awal 2021, investasi aset kripto menjadi buah bibir.

Sayangnya, antusiasme masyarakat tidak dilengkapi dengan pengetahuan dan wawasan yang mumpuni. Tak sedikit masyarakat yang akhirnya rugi besar karena tergiur iming-iming keuntungan yang menggiurkan dari investasi kripto bodong.

Menurutnya, pihaknya telah membekukan kegiatan dari 62 entitas aset kripto ilegal. Modus yang digunakan investasi kripto bodong tersebut beragam, ada yang menawarkan bunga per hari, per minggu, hingga membuat sistem multi level marketing atau MLM seperti piramida. 

Lantas, bagaimana caranya menghindari investasi kripto bodong? dalam siaran pers yang diterima TIMES Indonesia, Selasa (29/6/2021), terdapat lima langkah sebagai berikut:

1. Berinvestasilah di platform yang terdaftar Bappebti

Pemerintah telah melegalkan aset kripto sebagai komoditas aset investasi. Perdagangannya diatur oleh Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Pada awal tahun 2021, Bappebti telah menetapkan 13 perusahaan calon pedagang fisik aset kripto, salah satu di antaranya Zipmex.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memulai investasi aset kripto, Anda disarankan untuk mencari tahu nama perusahaan itu di dalam daftar Bappebti tersebut. “Jangan membeli aset atau berinvestasi di perusahaan yang tidak terdaftar Bappebti. Sebab, akan besar kemungkinan dana Anda lenyap atau mungkin disalahgunakan,” kata Tongam

2. Pilih aset kripto yang tepat

Sama seperti jenis investasi lainnya, Anda harus mengetahui seluk-beluk sebuah aset sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Sebelum memilih aset kripto, cari tahu terlebih dahulu fungsi dan tujuan pembuatannya. Setiap aset kripto pasti memiliki kegunaan yang bertujuan untuk mengatasi masalah yang ada.

Cari tahu apa tujuan aset kripto tersebut, bagaimana caranya bekerja, dan seperti apa mekanisme dalam blockchain-nya. Anda juga disarankan mencari tahu siapa pembuat aset kripto tersebut dan bagaimana rekam jejak mereka di masa lalu di bidang blockchain. Seluruh informasi ini bisa Anda dapatkan dalam whitepaper yang dapat diunduh secara bebas di internet. 

3. Waspada skema Ponzi

Skema Ponzi adalah salah satu modus penipuan paling marak yang terjadi di bidang keuangan. Bukan hanya dalam mata uang digital, tetapi juga mata uang fiat.

Modus operandinya menawarkan sejumlah keuntungan besar dalam rentang waktu singkat. Dalam modus ini, setiap investor akan mendapatkan uang berupa keuntungan yang berasal dari setoran investor berikutnya, bukan profit dari bisnis yang dilakukan. Sehingga, ketika tidak ada investor lain yang masuk, keuntungan Anda pun akan menghilang.

Untuk menghindari risiko ini, apabila Anda didekati secara langsung, pastikan Anda menanyakan informasi mendasar dari bisnis tersebut secara mendetail. Biasanya skema Ponzi akan menutup dengan baik seluruh informasi perusahaan dari jangkauan investor.

“Cari tahu juga ulasan-ulasan terkait perusahaan atau bisnis tersebut di forum-forum internet. Jalin komunikasi dengan orang-orang yang pernah bergabung di dalamnya untuk mendapatkan informasi yang utuh sebelum memutuskan untuk berinvestasi,” ujarnya

4. Edukasi dan riset mendalam

Ketika berinvestasi aset kripto, modal utama yang perlu dimiliki investor dan trader adalah wawasan dan ilmu pengetahuan. Tanpa wawasan dan ilmu yang memadai, modal Anda dapat saja habis dalam sekejap. Sebab, Anda berinvestasi tanpa strategi yang matang dan menempatkannya di tempat yang salah.

Nah disarankan untuk banyak belajar dan mencari tahu investasi aset kripto dengan tepat. Anda bisa mempelajarinya melalui tayangan channel YouTube atau mengikuti kelas yang diadakan media kripto atau komunitas. Biasanya komunitas aset kripto seringkali membuat acara-acara khusus yang mengedukasi anggotanya dalam berinvestasi.

Pada Zipmex, ada beberapa acara rutin yang diadakan secara berkala dan tanpa dipungut bayaran bagi para penggunanya. Mulai dari talkshow hingga praktik trading bersama trader professional aset kripto. Informasi mengenai acara-acara tersebut bisa didapatkan pengguna melalui media sosial, email, dan juga laman resmi Zipmex Indonesia.

5. Bergabung dengan komunitas yang tepat

Aset kripto tumbuh dan berkembang melalui komunitas. Fenomena ini bisa dibilang sangat berbeda dengan jenis investasi lainnya. Tak heran, komunitas pegiat aset kripto memiliki hubungan yang cukup erat satu sama lain. “Masing-masing pengguna biasanya saling bertukar informasi dan berbagi wawasan mengenai aset kripto,” ucapnya

Anda yang berminat untuk mencari teman berbagi informasi dan wawasan mengenai aset kripto bisa bergabung dalam Zipmex Troops. Zipmex Troops adalah komunitas yang bertujuan memberikan inklusi dan akses keuangan tanpa batas yang diluncurkan pada 18 Juni 2021 oleh Zipmex Indonesia. Komunitas ini dibangun untuk membantu anggotanya mencapai kebebasan finansial dan melahirkan investor-investor andal di Indonesia.

"Kita berharap semua orang memiliki akses menuju kebebasan finansial dan Zipmex Troops mengakomodir hal itu. Salah satu misi kita adalah meruntuhkan dinding-dinding penghalang yang membatasi akses masyarakat ke aset digital. Biasanya akses belajar aset digital itu, kan, mahal. Tetapi dengan Zipmex Troops, itu gratis," kata Andi, Head of Community Zipmex Indonesia.

Ia menambahkan Zipmex Troops, dilengkapi akses belajar investasi aset kripto bersama ribuan anggota komunitas lainnya dan para ahli di bidangnya tanpa dipungut biaya. Menariknya, Zipmex Troops juga memiliki beragam program bagi para anggotanya.

“Mulai dari onboarding bulanan, informasi aset kripto harian, laporan pasar dan sinyal perdagangan setiap dua pekan sekali, dan juga mentorship,” paparnya tentang penggunaan Zipmex Troops untuk menghindari investasi kripto bodong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES