News Commerce Indonesia Bangkit

SMK YPI Darussalam 2 Cerme Gresik Kedepankan Kerja Sama Dunia Usaha Dunia Industri

Rabu, 30 Juni 2021 - 06:31 | 127.02k
Kerja sama DUDI oleh Kepala SMK YPI Darussalam 2 Cerme dan PT Azka Mulia International. (fOTO-FOTO: SMK YPI Darussalam 2 for TIMES Indonesia)
Kerja sama DUDI oleh Kepala SMK YPI Darussalam 2 Cerme dan PT Azka Mulia International. (fOTO-FOTO: SMK YPI Darussalam 2 for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, GRESIK – Pembelajaran di SMK YPI Darussalam 2 Cerme Gresik tidak hanya terpusat pada materi pelajaran secara teori tetapi juga mengedepankan praktik kerja lapangan (PKL). Program PKL ini melalui kerja sama dengan berbagai dunia usaha dunia industri (DUDI).  

Kerja sama dalam program PKL yang terjalin dengan berbagai instansi, di antaranya perusahaan, BUMD, hingga rumah sakit dan instansi pelayanan kesehatan lainnya.  

“Program PKL merupakan salah satu bentuk upaya memperkenalkan dunia kerja sekaligus melatih peserta didik agar mampu bekerja secara professional,” kata Kepala SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Hj Siti Zahrotur Rofi’ah SSos MMPd.

Dia menjelaskan  seluruh program studi (Prodi) di SMK YPI Darussalam 2 Cerme sudah bekerja sama dengan DUDI. Dengan demikian, pihaknya sudah memiliki tempat untuk PKL peserta didiknya.

Cerme Gresik 2Kegiatan PKL siswa jurusan FKK di berbagai apotek.

Hal itu seperti diungkapkan oleh para Ketua Program Studi (Kaprodi) SMK YPI Darussalam 2 Cerme bahwa beberapa instansi yang telah menjalin kerja sama dan bersedia menjadi tempat terlaksananya PKL.

Kaprodi TLM dan FKK Tri Sistu Mulyaningsih AMdAk mengatakan, DUDI untuk kedua jurusan tersebut terdiri dari Rumah Sakit Petrokimia Gresik (sebelum pandemi), RS Ibnu Sina Gresik, RS Wates Husada, Klinik Mabarrot Hasyimiyah, Klinik Husnul Khotimah, Apotek Praktek Bersama (APB) Gresik, dan yang baru saja menjalin kerja sama adalah PT Azka Mulia International.

Hal senada diungkapkan Hj Siti Halimah SPd, Kaprodi Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), data DUDI untuk jurusan prodinya, yaitu PT Indo Bismar Surabaya, PT Maspion, Hypermart Gress Mall Gresik, Ramayana Gresik, dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Sedangkan Kaprodi Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Azminatus Syadiyah SPd menambahkan beberapa DUDI yang telah menjalin kerja sama, khususnya untuk jurusan OTKP.

Cerme Gresik 3Kegiatan PKL siswa jurusan TLM di rumah sakit dan klinik, serta siswa jurusan BDP di Hypermart Gress Mall Gresik.

“DUDI tersebut yakni PT Cipta Nirmala (RS Semen Gresik), PT Semen Indonesia Distributor, PT Gresik Migas (BUMD), dan PT Rollent Indonesia Kabupaten Gresik,” jelas Azminatus.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengawas RS Petrokimia Gresik Apt Isna Romadhona SFarm MFarm menuturkan, siswa SMK YPI Darussalam 2 Cerme diberikan kesempatan untuk melaksanakan PKL di lingkungan rumah sakit.

Isna mengatakan, dengan PKL di rumah sakit diharapkan dapat menambah wawasan siswa tentang dunia kerja dan pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rumah sakit. Selain itu, juga dapat melatih mental siswa dan membentuk karakter siswa.

“Selama melaksanakan PKL di Rumah Sakit Petrokimia Gresik, siswa memiliki kinerja yang bagus. Sebagian besar aktif dan mampu belajar mengikuti ritme layanan farmasi di rumah sakit yang butuh kecepatan dan ketepatan,” ungkap Isna.

Apt Septi Heni Purwanti SFarm, pemilik Apotek Praktik Bersama (APB) Gresik, menuturkan sebagai Pemilik Sarana Apotek (PSA), pihaknya berharap dapat membantu siswa menerapkan ilmu dari guru. Serta, dapat merasakan bagaimana realita bekerja yang tidak bisa mereka peroleh atau praktikkan secara langsung di sekolah.

“Kemudian untuk kami selaku PSA, dengan adanya siswa PKL ini bisa meringkankan pekerjaan, selagi kami memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mereka,” kata Heni.

Heni berpesan kepada peserta didik SMK YPI Darussalam 2 Cerme Gresik untuk menjadi generasi yang mampu menghadapi era digitalisasi. Juga menjadi entrepreneur di bidang farmasi melalui teknologi yang ada di genggaman siswa.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES