Politik

Juli, Panitia Pilkades Serentak Bondowoso Dibentuk

Senin, 28 Juni 2021 - 19:38 | 34.38k
Sosialisasi pembentukan panitia dan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Sosialisasi pembentukan panitia dan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sebanyak 171 desa di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak Bondowoso Tahun 2021.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mulai menyosialisasikan pelaksanaan Pilkades, Senin (28/6/2021).

Pemerintah Kabupaten Bondowoso melibatkan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) di 171 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades.

Kepala Dinas PMD Bondowoso, Haeriyah Yulianti mengatakan, bahwa sosialisasi sangat penting karena sebelum BPD membentuk panitia setidaknya mereka memiliki acuan.

“Tentang apa saja yang akan mereka lakukan dan peran BPD dalam pelaksanaannya nati,” jelas mantan Kadis Kominfo saat dikonfirmasi.

Menurutnya, BPD mempunyai peran penting dalam Pilkades. Mulai dari pembentukan panitia sampai pada tahap pelaksanaan Pilkades.

“Sehingga saya rasa perlu memang sosialisasi. Dan insyaallah sosialisasi ini juga akan ditindaklanjuti oleh tim tingkat kecamatan ketika panitia ditingkat desa sudah terbentuk,” paparnya.

Pihaknya memaparkan, pembentukan panitia dilakukan sejak awal Bulan Juli 2021 ini. Bahkan sudah dilakukan pembinaan pembentukan di tingkat desa. 

Sementara untuk teknis pembentukan panitia tersebut kata dia, dipilih melalui rapat BPD, bukan melalui pendaftaran dan semisalnya.

 “Untuk teknisnya bisa langsung ke BPD ya, karena ini merupakan ranahnya BPD,” jelas perempuan yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Pihaknya mengimbau BPD dapat melaksanakan tugasnya, yakni melaksanakan Pilkades serentak 2021 hingga pada proses pelantikan Kades terpilih.

“Sampai ke proses pelantikan. Jadi penekannya lebih kepada peran mereka, tugas dan tanggung jawab BPD terhadap pelaksanaan Pilkades serentak,” imbaunya.

Pihaknya mengingatkan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak menarik sumbangan dari masyarakat. Karena dalam pelaksanaannya murni dibiayai APBD.

“Untuk hal-hal yang lain, boleh didanai dari dana desa untuk protokol kesehatan,” terangnya. 

Informasi dihimpun, pelaksanaan Pilkades serentak Bondowoso Tahun 2021 yang diikuti 171 desa, akan dilaksanakan pada Bulan Oktober mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES