Wisata

Puthuk Ubalan Mojokerto Hadirkan Sensasi Menginap di Puncak Bukit

Selasa, 29 Juni 2021 - 00:25 | 153.52k
Puthuk Ubalan, Wahana wisata baru di Ubalan Waterpark, Pacet, Kabupaten Mojokerto. Senin (28/6/2021)(Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)
Puthuk Ubalan, Wahana wisata baru di Ubalan Waterpark, Pacet, Kabupaten Mojokerto. Senin (28/6/2021)(Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Masyarakat punya banyak pilihan menginap ketika berlibur di Wisata Puthuk Ubalan, Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Ini setelah pengelola menyiapkan fasilitas bermalam di Ubalan.

Puthuk Ubalan adalah sebuah bukit kecil di atas wahana Wisata Ubalan yang kini menjadi camping ground. Peresmian camping ground ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disaparpora), Sabtu (26/6/2021) lalu.

Kepala Disparpora Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo mengungkapkan peresmian Puthuk Ubalan ini bertujuan memberikan sensasi menginap sambil menikmati alam.

"Peresmian ini dimaksudkan agar masyarakat bisa menginap di Ubalan. Puthuk Ubalan jadi tempat baru buat memfasilitasi para pecinta alam. Peresmian ini juga dibarengi pembukaan les privat renang di Ubalan," terang Amat Susilo kepada TIMES Indonesia, Minggu (27/6/2021).

Terkait les privat renang, Amat Susilo menjelaskan bahwa les dilakukan sepanjang 4 bulan. Bisa juga mengambil paket bulanan.

"Sdah termasuk biaya masuk dan pelatihan. Untuk paket 4 bulan seharga Rp 1 juta 600 untuk semua gaya. Atau bisa juga dengan Paket privat atau per bulan Rp 750 ribu," terang Amat.

Kadisparporakab Mojokerto Amat SusiloKadisparporakab Mojokerto, Amat Susilo saat meresmikan Puthuk Ubalan dengan cara memotong tumpeng, Sabtu (26/6/2021). (Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

Perawatan, pengelolaan, dan pengembangan diserahkan kepada pihak Manajemen Ubalan.  Untuk bisa menikmati Puthuk Ubalan cukup hanya membayar tiket masuk Wisata Ubalan Waterpark. Merogoh kocek Rp 30 ribu, anda bisa menikmati wahana di Ubalan Waterpark.

"Sistem bayarnya tiket masuk di loket, ikut manajemen Ubalan Waterpark," jelas Amat Susilo.

Puthuk Ubalan berada di ketinggian 669 Mdpl. Puthuk Ubalan ini memiliki luas sekitar 1 hektar. Ia memiliki struktur tanah bertingkat dan berumput. Terdapat puluhan pepohonan juga diberikan fasilitas toilet umum.

Terdapat puluhan shelter (tempat mendirikan tenda) yang bisa digunakan untuk camping ground. Puthuk Ubalan mampu memuat 25-30 tenda. Perlengkapan camping bisa menyewa di grassoutdoor atau membawa dari rumah.

Jalan masuk menuju Puthuk Ubalan terletak di sebelah Barat Kolam renang Ubalan Waterpark. Terdapat tangga dari kayu bertuliskan Camping Ground. Hanya butuh waktu 10-15 menit untuk bisa sampai di Puthuk Ubalan.

Amat menambahkan selain untuk berkemah, Puthuk Ubalan bisa digunakan untuk Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Fasilitas lain di Ubalan Waterpark juga mendukung, yakni dengan adanya pendopo yang mampu menampung ratusan orang.

"Disamping untuk berkemah juga bisa utk dipakai kegiatan outbond, LDKS dan tempat pertemuan karena manajemen juga menyediakan fasilitas pendopo yg bisa menampung 150 orang," sambung Amat.

Di tengah pandemi covid-19 ini, objek-objek wisata di Kabupaten Mojokerto termasuk wisata Puthuk Umbulan menerapkan protokol kesehatan. Dimana minimal memakai masker, dan ada tempat mencuci tangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES