Wisata

Doa untuk Bangsa dari Pura Luhur Giri Arjuna

Sabtu, 26 Juni 2021 - 19:17 | 46.32k
Umat Hindu memanjatkan doa dalam Piodalan memperingati HUT Pura Luhur Giri Arjuna. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Umat Hindu memanjatkan doa dalam Piodalan memperingati HUT Pura Luhur Giri Arjuna. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Doa untuk bangsa dilantunkan oleh umat Hindu di Pura Luhur Giri Arjuna kecamatan Bumiaji, Semua berdoa agar Indonesia bebas dari Covid-19.

Hujan rintik-rintik yang mengguyur Pura tidak membuat Umat Hindu beranjak, sebaliknya mereka bertambah khusyuk memanjatkan doa.

Pura Luhur Giri Arjuna 2

"Kita memohon keselamatan bagi seluruh umat khususnya dan bangsa Indonesia umumnya, dijauhkan dari malapetaka, apa lagi sekarang negara kita sedang dilanda wabah virus corona semoga cepat bisa dimusnahkan," ujar Mangku Cokorda Ngurah Putra.

Karena masih berada di tengah Pandemi Covid-19, pelaksanaan Piodalan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat mulai diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak.

"Piodalan merupakan hari ulang tahun Pura, ritualnya dilaksanakan sehari sebelum hari H , umat melaksanakan penyucian prasarana upacara, mendak Tirta ( air suci ), mesucian," ujar Corda.

Pura Luhur Giri Arjuna 3

Pada hari H, umat beserta pemangku dan pinandita hadir dipura untuk mempersiapkan segala prasarana upacara seperti bebantenan ( aturan ) , pecaruan , yang dipimpin oleh para resi serta dibantu oleh pemangku pura.

Tiga pemangku Pura Luhur Giri Arjuna juga hadir dalam kegiatan tersebut yakni Mangku Basuki, Mangku Cokorda Ngurah Putra Mangku Arif dan dibantu oleh mangku Pura Indra Jaya dan Mangku Prajapati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES