Peristiwa Daerah

Nakes Terpapar Covid-19, Puskesmas Pakisaji di Kabupaten Malang Disterilisasi

Sabtu, 26 Juni 2021 - 19:11 | 82.59k
Kondisi Puskesmas Pakisaji di Kabupaten Malang yang tutup sementara waktu akibat nakes Terpapar Covid-19. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia).
Kondisi Puskesmas Pakisaji di Kabupaten Malang yang tutup sementara waktu akibat nakes Terpapar Covid-19. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANGPuskemas Pakisaji di Kabupaten Malang ditutup hingga Senin (28/6/2021) mendatang. Setelah dilakukan sterilisasi akibat belasan nakes di tempat itu dinyatakan positif terpapar Virus Covid-19.

Camat Pakisaji, Mumuk Hadi Martono mengatakan, pelayanan kesehatan diantaranya rawat inap dan poli di Puskesmas Pakisaji berhenti untuk sementara waktu.

"Bukan lockdown bahasanya adalah dexstonisasi atau sterilisasi (di Puskemas Pakisaji). IGD masih buka," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (26/6/2021) sore.

Kondisi-Puskesmas-Pakisaji-di-Kabupaten-Malang-yang-tutup.jpgKondisi Puskesmas Pakisaji di Kabupaten Malang yang tutup sementara waktu akibat nakes Terpapar Covid-19. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

Lebih lanjut dia mengatakan, kronologi terkait nakes yang terpapar Covid-19. Bermula salah satu nakes yang kontak langsung dengan pasien positif Virus Covid-19 berapa waktu lalu.

"Lalu, Kepala Puskesmas mengeluarkan kebijakan melakukan swab," sebutnya. Dari 50 orang nakes yang dilakukan Swab kata dia, terdapat 11 nakes terpapar Virus Covid-19.

"Maka dari itu, kami bersama Muspika bergerak cepat melakukan sterilisasi supaya virus Covid-19 tersebut tidak menulari pasien maupun masyarakat lainnya," terangnya.

Mantan Camat Singosari ini menyebutkan, nakes yang terpapar Covid-19 meliputi bidan dan perawat. Kendati demikian, kata dia, belum diketahui apakah ada nakes yang positif Covid-19 tersebut berdomisili di Pakisaji.

"Belum tahu, karena Puskemas agak menutup diri," kata mantan Camat Turen tersebut. Dia menyebutkan, dari laporan yang diterima, masing-masing nakes terpapar Virus Covid-19 tersebut saat ini melakukan isolasi mandiri.

Dia menyebutkan, hingga saat ini belum ada klaster lainnya kecuali Puskemas Pakisaji tersebut yan belasan nakes dinyatakan positif terpapar Virus Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES