Gaya Hidup

Social Experiment “Pertanyaan Unik” Yang Viral, Ini Faktanya

Sabtu, 26 Juni 2021 - 16:45 | 105.89k
Ilustrasi lucu (foto: created by rawpixel.com on freepik.com)
Ilustrasi lucu (foto: created by rawpixel.com on freepik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Upaya pemasaran suatu brand akan semakin berhasil dan menempel di benak masyarakat, jika menjadi viral di media sosial. Apalagi melibatkan aspek social experiment yang menggelitik keterlibatan warga di beberapa kota atau lokasi.

Seperti tagar #Mulaidarimanaja sempat menghiasai Trending Topic di Twitter Jumat pagi (25/6/2021) dengan 1286 cuitan. Beberapa kejadian yang serentak terekam oleh warganet +62, muncul sejak Jumat minggu lalu di sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Jogja dan Solo memicu viralnya tagar ini. 

Serbuan “Pertanyaan Unik” seperti “Apa Kepanjangan dari KEPO”, “Gedean mana Diskon 70% atau 50%+20%”, “Kamu di jalan atau dijalan?”, “2% x 4% =?”, terlihat mencolok terpasang di videotron, baliho, truk, angkutan kota, serta bungkus makanan. Berikut fakta-fakta yang berhasil kami himpun di tiap kota;

Videotron dan Baliho

Videotron.jpg

Tercatat ada 1 videotron (Jakarta) dan 3 baliho/billboard (Bekasi, Bandung, Semarang) yang menayangkan “Pertanyaan Unik” ini. Lokasi pertama ada di spot videotron Menara Sudirman,Jakarta Pusat. Lokasi berikutnya ada baliho / billboard di Jalan Ahmad Yani, Bekasi, di Jalan Dipatiukur, Bandung serta di Jalan Dr Wahidin, Semarang. 

Kertas Bungkus Makanan

Secara merata, “Pertanyaan Unik” juga terlihat ada di kertas bungkus makanan Jakarta, Bekasi Bandung, dan Semarang. Warganet yang kebetulan membeli makanan seperti gorengan, nasi Padang, kopi, dan nasi warteg, akan terkejut melihat adanya “Pertanyaan Unik” seperti ;”Buy 1 get 1, kok Bisa Jadinya Dapat 2”?, “Entry Please = Makan Antri, Emang Iye?” tercetak di kertas bungkus pembungkusnya’

Angkutan Kota dan Truk Barang

Iklan.jpg

Warganet yang kebetulan melewati area Bendungan Hilir – Slipi ,Jakarta Pusat dan sekitarnya akan menemukan stiker “Pertanyaan Unik” tertempel di kaca belakang angkutan kota dan bajai. Juga halnya warganet yang melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) serta jalan Pantura di sekitar Semarang akan melihat “Pertanyaan Unik” menempel di bagian belakang truk.
Pengguna jalan yang sempat kami temui di lokasi juga tertarik akan fenomena ini. Seperti Bella yang kami temui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. “Saya sempet mencoba QR Code yang ada di layar. Pertama pertanyaan yg muncul itu sering kita temuin di kehidupan sehari-hari, tapi kita tidak pernah berusaha mencari tahu. Dan menarik emang. Kepikiran aja naikin pertanyaan beginian jd bikin yg liat pengen googling minimal hahaha tapi ndak ketemu” kata Bella.

Reza seorang warga Bekasi, juga melihat hal yang sama. “Ini buat becandaan apa gimana ya? Saya sudah coba jawab pertanyaannya setelah masuk di link QR Code, mentok di soal matematika. Pertanyaannya ngeselin ya, bingung jawabnya,” ujarnya.

Jelas ini adalah sebuah social experiment yang menggelitik keingin-tahuan warganet serta masyarakat umum untuk memperbincangkan dan membaginya secara cepat. Berikut contoh cuitan di Twitter untuk Tagar #Mulaidarimanaja di beberapa kota yang berhasil kami himpun:

https://twitter.com/cuitandree/status/1408303190295019522 
https://twitter.com/SuryatiTuti1/status/1408297150434381826 
https://twitter.com/levinegurl/status/1408294130732605444 
https://twitter.com/adam_limbong/status/1408363084922732544 
https://twitter.com/rizkafala/status/1408306191147491329 
https://twitter.com/estawarmanis/status/1407642432821293062 
https://twitter.com/uexeater/status/1407261158743019520 

Untuk menelusuri siapa yang memasang videotron dan kertas bungkus makanan viral“Pertanyaan Unik” ini, jurnalis TIMES Indonesia mencoba scan QR Code yang ada di layar videotron. Setelah itu link akan diarahkan ke situs mulaidarimanaja.com. Laman ini mengajak kita menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti yang ada di layar videotron, dan diberi 2 opsi jawaban. Benar atau salah jawaban kita, nanti akan dijawab di di email kita, setelah menjawab beberapa pertanyaannya.

Di tengah maraknya iklan digital di layar gadget kita, videotron dan kertas bungkus makanan yang mengundang social experiment atau keterlibatan orang,  akan ampuh untuk menarik perhatian traffic pejalan kaki dan warga umum, jika dikonsep dengan kreatif. Apakah kalian bisa menjawab pertanyaan yang beredar tersebut?

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES