Peristiwa Daerah

Dirut RSUD Bekasi Benarkan Video Pasien Covid-19 Dirawat di Atas Mobil Pick Up

Jumat, 25 Juni 2021 - 19:58 | 66.21k
Pasien Covid-19 di atas mobil pick up di RSUD Bekasi. (Foto: Tangkapan Layar).
Pasien Covid-19 di atas mobil pick up di RSUD Bekasi. (Foto: Tangkapan Layar).

TIMESINDONESIA, BEKASI – Direktur Utama RSUD Bekasi, Kusnanto Saidi membenarkan video viral yang memperlihatkan pasien tengah diperiksa petugas medis di atas mobil pick up dan terbaring di tikar. Menurutnya, mereka tengah menunggu pemeriksaan awal terkait Covid-19.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan kondisi di RSUD beredar di media sosial. Dalam video berdurasi kurang dari setengah menit itu terlihat kondisi di halaman rumah sakit.

Video menunjukkan ada sejumlah orang dengan tangan terinfus tidur di tikar dekat tenda darurat. Ada juga yang terlihat duduk di kursi roda. Selain itu, ada seorang ibu yang tergeletak di sebuah mobil bak terbuka. Seorang tenaga kesehatan ber-APD terlihat menangani ibu tersebut.

Lewat keterangan video yang diterima Redaksi TIMES Indonesia, Kusnanto mengatakan bahwa video yang memperlihatkan pasien tengah diperiksa petugas medis di atas mobil pick up dan terbaring di tikar itu diambil pada Jumat (25/6/2021) pagi. 

"Ini adalah tenda darurat triase (proses penentuan atau seleksi pasien) Covid. Jadi begitu pasien datang, tunggu dulu triase, screening apakah PCR negatif atau positif. Nah sambil menunggu itu pasien tidak mau duduk di kursi roda, maunya tiduran," ucap Kusnanto.

Kusnanto mengatakan sebenarnya di dalam tenda darurat telah tersedia 30 tempat tidur. Namun ia menyebut, saat itu kondisinya telah penuh diisi pasien. "Nah kebetulan kita hanya 30 bed. Ternyata pasien melebihi dari 30 bed," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk mencegah kejadian serupa, pihaknya menjadikan lorong di salah satu gedung rumah sakit untuk tempat triase dan disediakan sebanyak 15 tempat tidur.

"Dan saya diinstruksikan juga oleh Pak Wali Kota untuk menambah satu lantai tempat tidur di Gedung E berjumlah 45 bed, untuk mengurai pasien dan Insya Allah sore ini atau besok pagi bisa beroperasional," ucap Kusnanto, Dirut RSUD Bekasi, soal video viral pasien Covid-19 yang menjalani pemeriksaan di atas mobil pick up dan terbaring di tikar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES