Indonesia Positif

Tempat Ibadah di Desa Pancasila Dibersihkan Polres Lamongan, Ada Apa?

Jumat, 25 Juni 2021 - 15:13 | 30.13k
Petugas melakukan bersih-bersih di pura yang ada di Desa Balun, Kecamatan Turi, Lamongan, Jumat (25/6/2021). (FOTO: Humas Polres Lamongan for TIMES Indonesia)
Petugas melakukan bersih-bersih di pura yang ada di Desa Balun, Kecamatan Turi, Lamongan, Jumat (25/6/2021). (FOTO: Humas Polres Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Anggota Polisi dari Polres Lamongan menggelar kegiatan bersih-bersih di Desa Balun, Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, atau yang dikenal dengan sebutan Desa Pancasila.

Tempat ibadah yang menjadi sasaran kegiatan bersih-bersih tersebut adalah masjid, pura hingga gereja yang ada di Desa Balun.

Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih dan penyemprotan disinfektan menjadi bagian dari upaya mencegah penyebaran Covid-19 di tempat ibadah.

"Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 ini kita bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan, Kodim 0812 Lamongan, melaksanakan kegiatan salah satu rangkaiannya yaitu kerja bakti membersihkan tempat-tempat ibadah yang ada di Desa Balun ini, karena bisa dijadikan simbol adanya kerukunan antar umat beragama di Desa Balun ini," kata Miko, Jumat (25/6/2021).

Miko menjelaskan, kegiatan bersih-bersih tempat ibadah di Desa Balun tersebut menjadi permulaan dan nantinya kegiatan serupa juga dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Lamongan melalui Polsek jajaran.

"Di sini (Desa Balun) ada gereja, ada masjid, ada pura, dimana masyarakat di sini hidup berdampingan secara rukun, damai. Semangat ini akan kita sampaikan kepada masyarakat, kerukunannya, kegotongroyongannya, keguyubannya," tuturnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih tersebut juga sekaligus dilakukan sosialisasi terkait pembatasan  jumlah jemaah saat melaksanakan ibadah, yaitu maksimal 25 persen dari kapasitas tempat ibadah, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Lamongan.

"Surat edaran dari pak bupati harus kita laksanakan, antara lain terkait dengan pembatasan kegiatan masyarakat sampai pukul 20.00 WIB, terus kemudian pembatasan di tempat ibadah dan tadi disampaikan bahwa di sini telah dilaksanakan baik di gereja, masjid maupun pura," ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih rumah ibadah tersebut diharapkan bisa menjadi momentum untuk tetap senantiasa menjaga protokol kesehatan.

"Sebagaimana tema dari HUT Bhayangkara saat ini, transformasi Polri, percepatan dalam hal penanganan Covid-19. Inilah yang coba kita sampaikan kepada warga masyarakat,"

Kapolres Lamongan juga memberikan sanitizer dan masker untuk 3 rumah ibadah yang ada di Desa Pancasila. Tidak hanya itu, pada Jumat pagi Kapolres juga membagikan bingkisan kepada setidaknya 50 tukang becak yang ada di Lamongan.

Selain mebersihkan tempat ibadah di Desa Pancasila, Polres Lamongan memberikan bantuan kepada warakawuri dan purnawirawan Polri, yang juga bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Bhayangkara ke-75. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES