Pendidikan

Siswa Serdik Sespimmen Polri Diingatkan Pentingnya Komunikasi untuk Menunjang Polri di Masa Depan

Kamis, 24 Juni 2021 - 22:09 | 176.12k
 Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Dr. Dadang Rahmat Hidayat. (FOTO: Unpad for TIMES Indonesia)
Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Dr. Dadang Rahmat Hidayat. (FOTO: Unpad for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Para peserta didik (Serdik) Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Dikreg ke-61 Tahun Angkatan (T.A) 2021 merupakan calon pimpinan Polri di masa yang akan datang.

Mereka harus menyadari dan memahami pentingnya komunikasi dalam membangun citra dan reputasi Polri agar mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Dr. Dadang Rahmat Hidayat saat menjadi pemateri Komunikasi Kepolisian, kepada para serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-61 T.A 2021.

Materi disampaikan melalui aplikasi online meeting menyesuaikan dengan kondisi pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini.

"Komunikasi kepolisian adalah kegiatan komunikasi di ruang publik yang sangat bersentuhan dengan realitas sosial dan aktivitas publik sehari-hari," jelas Dadang, Kamis, 24 Juni 2021.

"Apapun perilaku anggota kepolisian akan terhubung dengan citra dan reputasi lembaga, dalam kaitan menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal," tambahnya.

Dadang melanjutkan, Komunikasi Kepolisian merupakan kajian dan pengetahuan serta keahlian yang penting bagi kepolisian dalam melaksanakan tugas dan fungsi saat ini dan mendatang.

Apalagi dengan makin berkembangnya era komunikasi digital yang menghadirkan dinamika sosial yang main kompleks.

Dadang pun mengapresiasi upaya Polri untuk meningkatkan peran dan fungsi komunikasi kepolisian yang telah menempatkan Divisi Humas sebagai salah satu divisi strategis dalam jajaran struktur Polri di berbagai tingkatan. Dadang berharap ada lembaga pendidikan khusus mengenai komunikasi kepolisian ini.

Selain Dadang, Sespimpolri juga menghadirkan nara sumber lainnya, yakni pakar di bidangnya baik secara akademis maupun praktis, serta pengajar dari kalangan profesional. 

Pembelajaran dan pelatihan Komunikasi Kepolisian meliputi konsep dasar komunikasi kepolisian, perencanaan komunikasi, public speaking, relasi media dan komunikasi persuasif yang dilanjutkan dengan simulasi untuk beberapa materi.

Sementara itu, salah seorang serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-61 T.A 2021, Kompol Bagus Suryo Wibowo, S.I.K  mengapresiasi materi yang disampaikan. 

Menurutnya, pelatihan sangat bermanfaat karena berkaitan bagaimana memaksimalkan manajemen media di wilayah nantinya.

"Sangat penting sekali ilmu public speaking ini, karena media adalah bagian dari sumber informasi. Siapa yang menguasai informasi maka dunia dalam genggaman. Maka kemas media informasi dengan baik dan maksimalkan publik speaking," tutur serdik Sespimmen Polri. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES