Peristiwa Internasional

Gedung Miami-Dade 12 Lantai Amerika Serikat Runtuh

Kamis, 24 Juni 2021 - 19:47 | 46.42k
Sebagian dari menara 12 lantai runtuh ke tanah selama keruntuhan sebagian bangunan pada hari Kamis di Surfside, Florida (FOTO A: CBCNews/Getty Images)
Sebagian dari menara 12 lantai runtuh ke tanah selama keruntuhan sebagian bangunan pada hari Kamis di Surfside, Florida (FOTO A: CBCNews/Getty Images)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagian dari sebuah gedung 12 lantai di Miami-Dade, County, Florida, Amerika Serikat runtuh. Dan sejauh ini kabar yang beredar diketahui satu orang meninggal dunia.

Hingga petang ini operasi penyelamatan besar-besaran sedang dilakukan petugas. Dilansir BBC, selain seorang wanita ditemukan meninggal dunia. Sedikitnya delapan orang lainnya terluka dan dikhawatirkan masih ada orang lain yang terjebak diantara puing-puing bangunan.

Gedung itu tiba-tiba runtuh sekitar pukul 02:00 (07:00 GMT). Miami-Dade Fire Rescue mengatakan, mereka telah mengirim 80 kendaraan ke tempat kejadian. Polisi juga membantu operasi penyelamatan.

Kematian wanita itu dilaporkan oleh reporter Associated Press dan penyiar CBS, mengutip sumber mereka sendiri.

CBCNews juga melansir, saat ini Miami Dade Fire Rescue sedang melakukan operasi pencarian dan penyelamatan, dan mengatakan dalam sebuah tweet bahwa lebih dari 80 unit berada di lokasi dengan bantuan dari departemen pemadam kebakaran kota.

Pihak berwenang belum mendapat kabar tentang korban atau rincian berapa banyak orang yang tinggal di gedung itu.

“Kami berada di lokasi jadi masih sangat aktif,” kata Sersan. Marian Cruz dari Departemen Kepolisian Surfside. 

Korban Gedung RUntuh di MiamiPersonel darurat bekerja di lokasi runtuhnya sebagian bangunan di Miami Beach, Florida, AS, 24 Juni 2021. (FOTO:USNews/Reuters)

“Yang bisa saya katakan adalah bangunan itu dua belas lantai. Seluruh sisi belakang bangunan telah runtuh,” sambungnya.

Polisi memblokir jalan-jalan di dekatnya dan sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dan penyelamat, ambulans, dan mobil polisi mengerumuni daerah itu.

Runtuhnya gedung itu menciptakan awan puing ke seluruh lingkungan, melapisi mobil hingga dua blok jauhnya dengan lapisan debu tipis.

Foto dan video dari tempat kejadian menunjukkan tumpukan puing-puing mengelilingi bagian luar gedung. Departemen tersebut belum mengatakan apa yang menyebabkan gedung di dekat 88th Street dan Collins Avenue itu runtuh

Alamat gedungnya adalah 8777 Collins Avenue, menurut polisi Surfside. Pembangunan kondominium dengan pemandangan laut ini dibangun pada tahun 1981 di sudut tenggara Surfside di tepi pantai.

Gedung itu memiliki beberapa unit dua kamar tidur yang saat ini ada di pasaran dengan harga yang diminta mulai $600.000 hingga $700.000. Daerah ini merupakan campuran apartemen baru dan lama, rumah, kondominium, dan hotel. Dengan restoran dan toko yang melayani kombinasi penduduk dan turis internasional.

Komunitas ini sangat kontras dengan hiruk pikuk dan kemewahan South Beach dengan nuansa lingkungan yang lebih lambat.

Seorang pria yang tinggal di gedung sebelah menggambarkan apa yang terjadi: "Bangunan itu berguncang dan kemudian saya melihat keluar jendela dan saya tidak bisa melihat apa-apa. Saya pikir itu seperti badai atau sesuatu yang masuk," katanya.

"Ketika debu hilang, dua pertiga bagian belakang bangunan hilang, sudah rata dengan tanah," katanya kemudian.

Reporter Associated Press mentweet bahwa menurut sumber timnya, seorang anak laki-laki berumur sekitar 10 tahun berhasil diselamatkan. Surfside membentang di sepanjang Collins Avenue, di utara batas kota Miami Beach, Florida, Amerika Serikat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES