Indonesia Positif

Mitra Kelinci, Program Berdikari Baru SMP PGRI 1 Cilacap

Kamis, 24 Juni 2021 - 20:52 | 106.32k
Kepala SMP PGRI 1 Cilacap Sri Surtini serahkan indukan  kelinci pada siswa ya tergabung dalam Mike (FOTO : Heni for TIMES Indonesia)
Kepala SMP PGRI 1 Cilacap Sri Surtini serahkan indukan kelinci pada siswa ya tergabung dalam Mike (FOTO : Heni for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Ide membuat program yang membawa siswa untuk dapat berdiri di atas kaki sendiri (Berdikari) seakan tidak ada habisnya dilakukan SMP PGRI 1 Cilacap Jawa Tengah.

Setelah siswa berwirausaha produk herbal dari tanaman obat keluarga (Toga), kini mereka memiliki program Mitra Kelinci (Mike). 

Bahkan pada Rabu (23/6/2021) kemarin para siswa yang tergabung dalam komunitas Mike menerima bantuan kelinci di sekolah.

Koordinator program Mike Rochayati menjelaskan, para siswa yang tergabung dalam komunitas ini membuat kandang kelinci di rumahnya, kemudian merawat kelinci supaya dapat berkembang biak menjadi banyak sehingga dapat bermanfaat bagi mereka.

Tujuan kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan jiwa wirausaha siswa. Dalam program Mike ini para siswa merawat kelinci dan setelah kelinci beranak maka mereka mendapat bagi hasil.

SMP PGRI 1 Cilacap a

Para siswa akan mendapatkan setengah dari anak kelinci induk. Harapannya mereka dapat mengembangbiakkan secara berkelanjutan sehingga bisa memiliki peternakan kelinci sendiri yang dapat membantu perekonomian keluarga.

Rochyati, calon guru penggerak yang juga pebisnis kelinci di Kabupaten Cilacap menambahkan, aktivitas pembiakan kelinci ini dapat melatih para siswa untuk selalu melakukan kegiatan positif.

Usaha ini dapat menghasilkan uang dan hasilnya dapat dijual kepada masyarakat. Efek lainnya, aktivitas ini menghindarkan diri mereka dari kegiatan yang negatif.

Kepala SMP PGRI 1 Cilacap Sri Surtini, Kamis (24/6/2021) menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi aksi nyata yang dilakukan oleh gurunya itu.

SMP PGRI 1 Cilacap b

Kegiatan seperti ini menurutnya dapat membantu para siswa yang kurang mampu. Sekaligus  menjadi wadah siswa dalam kegiatan yang positif.

"Sekolah ini butuh sentuhan khusus di bidang wirausaha karena memang banyak siswa yang kurang mampu secara ekonomi. Semoga program mitra kelinci ini menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk menjadikan siswa berdikari," harap Sri Surtini, Kepala SMP PGRI 1 Cilacap.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES