Peristiwa Daerah

Antisipasi Varian Baru Covid-19, WHO Sarankan Hindari Tempat Berikut Ini

Kamis, 24 Juni 2021 - 19:30 | 37.14k
Ilustrasi kerumunan (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Ilustrasi kerumunan (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah ramai di media massa mengenai varian baru Covid-19 yang terus ditemukan tiap harinya, otoritas terkait, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengimbau masyarakat tidak lengah dan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya sebatas penggunaan masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan, tetapi tempat di mana kita berada juga perlu diperhatikan.

WHO menyampaikan bahwa virus corona dapat menyebar dengan cepat di tempat ramai, tempat sempit yang memungkinkan orang berbincang dalam jarak dekat, dan tempat tertutup dengan ventilasi yang buruk.

Jika memang tidak memungkinkan untuk menghindari tempat dengan kriteria tersebut, maka kenakanlah masker sesuai anjuran dan jaga jarak dengan lawan bicara. 

WHO juga menyebutkan tempat-tempat yang memiliki risiko penularan tinggi covid-19 di antaranya:

  1. Restoran
  2. Tempat beribadah
  3. Tempat bekerja
  4. Klub malam
  5. Tempat gym dan kelas kebugaran

Dalam laman resminya, WHO menegaskan bahwa Covid-19 bisa dihindari jika langkah-langkah pencegahan yang ada saat ini tetap dilakukan untuk mencegah adanya risiko penularan.

"Risikonya akan lebih tinggi di tempat-tempat yang memiliki beberapa faktor sekaligus. Bahkan saat pembatasan sudah dilonggarkan, pertimbangkan ke mana Anda pergi dan #TetapWaspada dengan menghindari tempat-tempat di atas," tulis WHO terkait antisipasi varian baru Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES