Pendidikan

501 Tim Poltek se-Indonesia Bersaing di KMIPN, Polinema Raih Juara Umum Ketiga

Kamis, 24 Juni 2021 - 19:18 | 96.92k
Pelaksanaan Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional atau KMIPN di Polinema. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Pelaksanaan Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional atau KMIPN di Polinema. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 501 tim kontestan dari 27 Politeknik se-Indonesia bersaing ketat meriah kursi juara 1, 2 dan 3 di ajang Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional atau KMIPN. Polinema berhasil keluar sebagai juara umum ketiga.

KMIPN merupakan ajang bergengsi untuk institusi perguruan tinggi vokasi di bidang informatika. Sebenarnya, gelaran acara ini dilaksanakan pada 2020 lalu di Polinema sebagai tuan rumah

Namun karena Pandemi Covid-19, acara sempat tertunda dan akhirnya terlaksana secara daring mulai 22-24 Juni 2021 sebagai ajang para finalis.

"Dari 501 tim itu kemudian diambil 107 finalis. Masing-masing tim terdiri atas tiga anggota tim," ungkap panitia pelaksana, Odhitya Desta Triswidrananta, Kamis (14/6/2021).

Mahasiswa-Informatika-Politeknik-Nasional-atau-KMIPN-2.jpg

Ia menjelaskan bahwa ada delapan kategori yang dilombakan seperti e government, keamanan jaringan, Internet of Things (IoT), game development, cipta inovasi, animasi, business TIK, dan lainnya.

Sedangkan masing-masing kategori diambil tiga pemenang. Juara 1 berhak membawa pulang hadiah Rp 2 juta, juara 2 Rp 1,5 juta dan juara 3 Rp 1 juta.

Dosen Jurusan Teknologi Informasi Polinema tersebut menambahkan, ada beberapa kendala yang harus dihadapi pihak panitia karena kondisi pandemi Covid-19.

"Ada tantangan tersendiri. Kita harus bikin acara online. Kendalanya ya banyak salah satunya adalah jaringan karena kita harus menyediakan kebutuhan pokok itu," jelasnya.

Sebagai informasi, tahun 2020 ini merupakan penyelenggaraan ketiga kalinya setelah sukses diselenggarakan sebelumnya di Politeknik Caltex Riau pada tahun 2019 dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pada tahun 2018.

Penyelenggaraan kompetisi ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa politeknik se-Indonesia dalam membangun SDM Unggul dan mewujudkan Kampus Merdeka di bidang Informatika.

Pameran teknologi dan workshop juga menjadi rangkaian acara pada kegiatan ini untuk menambah wawasan dalam perkembangan teknologi serta memenuhi kebutuhan industri terkini.

Sedangkan Polinema sendiri menurunkan banyak tim dengan mengikuti seluruh kategori dari perlombaan KMIPN dan berhasil meraih juara umum ketiga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES