Pendidikan

Angkat Kualitas Lulusan, SMK Darunnajah Banjarnegara Gandeng Rumah Pintar Dr Tus

Kamis, 24 Juni 2021 - 18:30 | 76.71k
Penandatanganan MoU SMK Darunnajah dan Rumah Pintar Dr Tus (FOTO : Dr Tuswadi for TIMES Indonesia)
Penandatanganan MoU SMK Darunnajah dan Rumah Pintar Dr Tus (FOTO : Dr Tuswadi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARASMK Darunnajah Banjarmangu merupakan sekolah menengah kejuruan yang usianya relatif masih muda (13 tahun) di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah.

Sekolah ini memiliki tiga jurusan yakni Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi, dan Broadcasting Televisi, SMK Darunajah dipimpin oleh Kepala Sekolah yang visioner, Feri Tulistiyono, SKom.

Berbagai program unggulan untuk memberikan nilai plus layanan pendidikan di SMK Darunnajah telah dilakukan, termasuk menggaet institusi mitra untuk memperkuat pendidikan vokasi.

Hari ini, Kamis (24/6/2021) SMK Darunnajah menandatangani MoU dengan 3 institusi yaitu ADI TV Yogyakarta, Satelit TV Banyumas, CV Nurvindo Mediakom Purwokerto, dan Rumah Pintar Dr Tus.

SMK Darunnajah a

Acara ini disaksikan Pengawas SMK dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, Drs Suka Bagyana MPd dan Imam Na’fan, Ketua 1 Yayasan Darunnajah, beserta segenap guru.

Penandatanganan MoU SMK Darunnajah Banjarmangu dan Rumah Pintar Dr Tus dilaksanakan di laboratorium Komputer SMK Darunnajah Banjarmangu.

Bersama Rumah Pintar Dr Tus, SMK Darunajah membuka Program 'Undergraduate Scholarship to Japanese Universities Intensive Training' yang diperuntukan bagi 10-20 peserta didik kelas X, XI, dan XII.

Mereka yang terpilih akan mengikuti Pelatihan Intensif Bahasa Inggris dan Jepang untuk Persiapan Seleksi Beasiswa Diploma/S-1 ke Universitas Jepang mulai tahun pelajaran 2021/2022 mendatang.

" Sampai saat ini Rumah Pintar Dr Tus sudah memberangkatkan lebih dari 40 generasi muda Indonesia studi S-2 dan S-3 ke Hiroshima University," jelas Dr Tuswadi, Founder Rumah Pintar Dr Tus yang sekaligus Direktur Politeknik Banjarnegara dan ilmuwan di Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI).

SMK Darunnajah jelasnya, akan menjadi sekolah menengah kejuruan pertama di Kabupaten Banjarnegara yang bakal memiliki lulusan yang bisa kuliah Diploma dan S-1 ke Jepang melalui kerjasama dengan Rumah Pintar Dr Tus.

Menurut keterangan dari Dr Tuswadi yang juga merupakan alumni Diploma, S-2 dan S-3 dari Universitas di Jepang, calon lulusan SMA/SMK/MA/sederajat bisa mengikuti seleksi beasiswa Diploma/S-1 di kampus Jepang.

Pendaftaran dibuka dua bulan sebelum kelulusan sekolah menengah atas. Peserta didik bernilai raport untuk mapel tertentu minimal 84 bisa mendaftarkan diri dengan melengkapi semua dokumen persyaratan dan mengirimkannya ke Kantor Kedubes Jepang di Jakarta sebelum batas waktu.

SMK Darunnajah b

Mereka yang lolos seleksi dokumen diundang tes tertulis. Bagi yang lolos tes tertulis dipanggil untuk tes wawancara dan mereka yang lolos wawancara akan direkomendasikan kepada Kementrian Pendidikan Jepang untuk diberikan beasiswa penuh.

Masa studi beragam dari Diploma – S-1 yakni antara 3 – 5 tahun termasuk 1 tahun pertama belajar bahasa Jepang. Untuk melewati setiap tahap seleksi, Rumah Pintar Dr Tus akan membimbing intensif peserta didik SMK Darunnajah yang terpilih sampai berhasil.

Melalui Pelatihan Intensif Bahasa Inggris dan Jepang untuk persiapan seleksi Beasiswa Diploma/S-1 ke Universitas Jepang, SMK Darunnajah berharap akan mampu memberangkatkan alumninya untuk studi ke Jepang dengan beasiswa penuh dari pemerintah Jepang.

"Berdasarkan MoU, pelatihan intensif akan dilakukan satu kali seminggu di bawah bimbingan para mentor profesional dari Rumah Pintar Dr Tus," kata Feri Tulistyono selaku Kepala SMK Darunnajah.

Dan mulai sekarang, jelas Feri, pihaknya membidik anak-anak yang potensial, baik dari sisi akademik dan mental untuk dipilih sebagai peserta. Kemudian selama 2-3 tahun mereka belajar bersama Rumah Pintar Dr Tus untuk kemudian didaftarkan pada seleksi beasiswa diploma/S-1 ke Universitas di Jepang.

Oleh karena ia merasa optimis program ini akan menjadi icon SMK Darunnajah dan segera terwujud.

"Jadi silakan untuk lulusan SMP/MTs dan Kejar Paket B yang ingin lanjut kuliah gratis ke Jepang selepas tamat SMK, agar sekolah saja di SMK Darunnajah Banjarmangu," tambah Feri Tulistyono, Kepala SMK Darunnajah, Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES