Peristiwa Daerah

Proyek SPAM Kaligoro Disambut Baik Masyarakat Malang Selatan

Kamis, 24 Juni 2021 - 18:47 | 82.63k
Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM bersama Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, H Syamsul Hadi dan Direktur Pengembangan Bisnis TIMES Indonesia, Sriwidji Wahyuning Utami ketika Meninjau tandon air SPAM Kaligoro. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indones
Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM bersama Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, H Syamsul Hadi dan Direktur Pengembangan Bisnis TIMES Indonesia, Sriwidji Wahyuning Utami ketika Meninjau tandon air SPAM Kaligoro. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indones

TIMESINDONESIA, MALANG – Proyek Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM Kaligoro yang kini tengah dibangun, mendapat apresiasi dan sambutan baik dari warga Malang Selatan, terutama di dua kecamatan Kabupaten Malang.

Dalam hal ini Kecamatan Gendangan dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Apresiasi dan sambutan baik dari warga ini disampaikan Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, H Syamsul Hadi yang sebelumnya telah melakukan kajian.

Menurut H Syamsul Hadi, potensi masyarakat yang ingin mendaftar ke Perumda Tirta Kanjuruhan ketika dibangun SPAM Kaligoro ini sangat banyak. Masyarakat tidak sabar ingin mendapat layanan air bersih tersebut.

air-SPAM-Kaligoro-2.jpgPengerjaan sambungan Pipa Air SPAM Kaligoro menggunakan alat berat. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia) 

"Untuk potensi yang mendaftar sekitar 15 ribu sambungan baru, siap menjadi pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan," ujar Syamsul kepada TIMES Indonesia, Kamis (24/6/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, itu artinya masyarakat menyambut baik atas pembangunan SPAM Kaligoro yang dilakukan Pemkab Malang, Perumda Tirta Kanjuruhan bersama Kementerian PUPR RI tersebut.

"Sebelum melakukan pengerjaan, kami sudah melakukan survei teknis dan survei lainnya. Artinya, proyek SPAM ini dibutuhkan masyarakat," kata mantan Manajer klub sepakbola Persekam Metro FC tersebut.

Syamsul menyebutkan, untuk SPAM Kaligoro ini mengambil air dalam tanah atau sumber. "Air dari sumber ini nantinya akan dialirkan ke tandon, kemudian disalurkan kepada masyarakat maupun pelanggan," terangnya.

Dia menyebutkan, nantinya akan ada lima tandon yang dibangun sebagai tempat penampungan air bersih dari Sumber Kaligoro. Sedangkan kapasitas tandon ini mencapai 1000 meter kibik.

SPAM-Kaligoro-untuk-mengatasi-kekeringan-di-Malang-selatan.jpgSuasana Sumber Kaligoro yang dibangun SPAM Kaligoro untuk mengatasi kekeringan di Malang selatan. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

"Untuk kapasitas mata air sumber Kaligoro mencapai 225 liter per detik yang nantinya akan kami manfaatkan sebesar 150 liter per detik," sebutnya.

Sementara itu, salah seorang warga Malang Selatan Supriyanto menyambut baik pembangunan SPAM Kaligoro yang dilakukan Pemkab Malang, Perumda Tirta Kanjuruhan dan Kementerian PUPR RI.

"Kalau tujuannya agar masyarakat Malang selatan mudah mendapat air bersih saat musim kemarau, tentunya sangat bagus. Karena selama ini di Malang selatan kesulitan air terutama saat musim kemarau," sebutnya.

Dia berharap Proyek SPAM Kaligoro cepat terselesaikan agar warga Malang Selatan tidak merasakan kesulitan mendapatkan air bersih ketika musim kemarau. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES