Peristiwa Daerah

Tim Pemulasaran Jenazah Desa Diingatkan Jangan Kendor Terapkan Protokol Kesehatan

Kamis, 24 Juni 2021 - 18:12 | 25.52k
Tim Pemulasaran Jenazah Desa mengikuti pelatihan di Kecamatan Bumiaji. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Tim Pemulasaran Jenazah Desa mengikuti pelatihan di Kecamatan Bumiaji. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Jangan kendor tetap waspada menerapkan protokol kesehatan, penularan Covid-19 masih mengancam di Kota Wisata Batu. Hal itu dikemukakan narasumber kepada Tim Pemulasaran Jenazah Desa yang mengikuti pelatihan di Pendopo Kecamatan Bumiaji.

Kepada peserta, pemateri pelatihan, Odonk Burhanuddin dari Relawan Penanganan Covid Dinas Sosial Kota Batu menegaskan kunci utama Tim Pemulasaran Jenazah dalam bekerja adalah penerapan protokol kesehatan.

Pemberian Vaksin Covid-19 adalah salah satu upaya membentengi, namun benteng terkuat adalah tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan di air mengalir dan hindari kerumunan.

"Kerja kita non stop, rekor memakamkan jenazah penderita covid-19 dalam sehari 6 kali mulai pagi jam 9 hingga berakhir dini hari menjelang subuh," ujar Odonk yang tergabung dalam Tim Pemulasaran Jenazah tingkat Kota Batu ini.

Tim-Pemulasaran-Jenazah-Desa-mengikuti-pelatihan-2.jpg

Karena itu, Odonk wanti-wanti kepada tim pemulasaran jenazah Covid-19 tingkat desa agar tidak melepas APD yang digunakan sebelum proses pensterilan selesai.

Secara detil Odonk menjelaskan SOP pemulasaran jenazah kepada para peserta pelatihan, hingga mengajari bagaimana menggunakan baju hazmat.

Pelatihan Tim Pemulasaran dan Pemakaman Protokol Kesehatan Covid-19 ini dilaksanakan untuk membekali kemampuan dan memberikan keamanan untuk Tim Relawan Pemulasaran Jenazah di desa.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Seksi Kesejahteraan Rakyat, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Pelatihan yang dibuka oleh Sekretaris Camat Bumiaji, Tantra Soma Pandega S. STP MSi ini diikuti Tim Relawan Pemulasaran Jenazah dari sembilan desa yang ada di Kecamatan Bumiaji.

Pelatihan ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan Rabu (23/6/2021) dengan peserta dari Sumberbrantas, Sumbergondo, Tulungrejo, Punten dan Gunungsari.

Tim-Pemulasaran-Jenazah-Desa-mengikuti-pelatihan-3.jpg

Tahap kedua, dilaksanakan hari ini dengan peserta Tim Relawan dari Desa Bulukerto, Desa Bumiaji, Desa Pandanrejo dan Desa Giripurno.

"Pelatihan ini dilaksanakan bentuk kesiapan desa-desa di wilayah Kec Bumiaji dalam menghadapi pandemi Covid-19, apalagi beberapa kasus terakhir ini banyak masyarakat yang takut dan was-was saat melakukan pemulasaran jenazah covid 19," ujar Kasi Kesra Kecamatan Bumiaji, Anis Mufidiyanti SH,Mkn.

Target dari pelatihan ini adalah Tim Relawan Pemulasaran Jenazah Desa memahami SOP Pemulasaran Jenazah, sehingga aman dalam menjalankan tugasnya.

Pelatihan untuk Tim Pemulasaran Jenazah Desa ini tidak hanya digunakan untuk membekali Tim Desa namun juga dipergunakan untuk membahas berbagai hal yang terjadi di lapangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES